Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Wajib Anda Coba: Inilah Cara Membuat Channel YouTube Terkenal Bagi Pemula

2 min read

cara membuat channel youtube terkenal

Sekarang ini, profesi sebagai Youtuber telah menjadi salah satu profesi yang populer di kalangan masyarakat umum. Tidak sedikit orang yang mulai melirik dan mendambakan untuk menjadi seorang Youtuber terkenal. Bahkan, artis-artis sekarang pun juga sudah mulai beralih untuk menekuni profesi menjadi seorang Youtuber. Contohnya saja Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai profesi sebagai Youtuber pemula. Simak cara membuat channel YouTube terkenal dengan tips ampuh berikut ini agar Anda bisa bersaing dengan akun lain.

Buat Goal Sukses Yang Hendak Anda capai

Langkah pertama adalah menentukan goal kesuksesan yang hendak Anda raih. Ada 3 jenis goal yang menjadi tujuan utama kesuksesan Youtuber, yaitu :

  • Monetisasi bisa dibilang sebagai kesuksesan utama/ final goal dalam membuat channel YouTube. Dengan monetisasi Anda akan mendapatkan nominal uang dikarenakan konten Anda yang unik dan berkualitas.
  • Engagement yang bagus dalam channel YouTube artinya channel Anda selalu memiliki jumlah like, komentar dan share dengan jumlah yang banyak.
  • Jumlah subscriber. Jika Anda memiliki konten yang menarik, jumlah subscriber akan cepat meningkat karena subscribers menunggu konten-konten terbaru untuk diupload.

Buat Measurement Target yang Terukur

cara membuat channel youtube terkenal

Setelah menentukan target goal kesuksesan yang hendak diraih, maka berikutnya adalah membuat measurement target yang terukur. Misalnya, Anda bertujuan untuk memperoleh jumlah subscribers 1000 subscribers dalam jangka waktu 6 bulan.

Apabila target tidak tercapai, Anda bisa mengukur apakah upaya Anda kurang efektif ataukah target yang terlalu tinggi. Kemudian barulah Anda bisa membuat strategi lanjutan. Dengan memiliki target, akan menjadi lebih mudah dalam menyusun rencana strategi dan disiplin.

Pilih Niche Yang Sesuai dengan Skills dan Minat yang Anda miliki

Langkah selanjutnya adalah memilih niche konten yang sesuai dengan bakat dan minat Anda. Niche merupakan topic yang menjadi target subscriber/pengunjung channel YouTube Anda. Misalnya, gaming, kuliner, fashion,music, dan yang lainnya.

Buat Ciri Khas Chanel YouTube Anda

Ada 30 juta akun YouTube lebih yang akan menjadi competitor Anda. Pastikan untuk membuat channel Anda ciri khas unik, kuat. Cara membuat channel YouTube dengan ciri unik bisa dengan setting ruangan, style pakaian, gaya bicara, dan sebagainya. Jika bisa, buatkan tagline sebagai upaya personal branding Anda sebagai pemilik channel YouTube.

Promosikan Channel YouTube Melalui Media Sosial

cara membuat channel youtube terkenal

Cara membuat channel YouTube terkenal yang efektif berikutnya adalah dengan mempromosikan channel YouTube melalui media sosial.

Buat Analisis

Untuk mengetahui apakah target Anda sudah terpenuhi, maka perlu adanya evaluasi dan analisis. Tak perlu ribet, cukup gunakan YouTube Analytics sebagai tools untuk melihat performa video Anda.

Membangun Engagement Dengan Audiens

Subscriber dan viewers channel bukan hanya angka. Mereka merupakan kunci kesuksesan dari sebuah channel YouTube. Bangun engagement dengan audiens melalui beberapa cara seperti:

  • Jaga konsistensi unggah video
  • Melakukan live streaming dan berinteraksi dengan audiens
  • Menanggapi komentar audiens di kolom komentar
  • Melibatkan audiens untuk membuat konten dengan melakukan polling konten apa yang ingin mereka tonton selanjutnya.

Giliran Anda untuk sukses sebagai Youtuber dan jangan lupa untuk mempraktekkan tips cara membuat channel YouTube terkenal yang efektif bagi para pemula di atas secara bertahap. Setelah channel YouTube Anda sudah berkembang, Anda bisa lakukan monetisasi dan mendapat income online.

Youtube Mastery

Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan