Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Cara Membuat Konten Youtube Musik Agar Banjir Penonton

3 min read

cara membuat konten youtube musik

Cara membat konten YouTube bagi pemula harus mempertimbangkan beberapa hal. Anggap saja kamu sudah punya channel YouTube dan telah upload atau membagikan konten musik, tetapi penonton masih sedikit. Lalu, apa yang harus kamu lakukan?

Penonton YouTube punya harapan besar agar kamu sebagai konten kreator bisa membuat video yang menggambarkan kepribadian atau identitas kamu apa adanya. Untuk memulai, berikut adalah beberapa panduan lengkap tentang bagaimana cara membuat berbagai konten musik dilansir dari YouTube Creator Academy:

cara membuat konten youtube musik

1. Cara Buat Video Musik, Video Lirik, Atau Lagu Cover

Video musik atau lirik adalah konten utama channel kamu di YouTube. Pastikan para penikmat musik bisa menemukan seluruh konten video yang kamu buat. Ada banyak cara untuk membuat konten musik di platform tersebut, seperti membuat daftar tangga lagu atau cover musik karya orang lain jika kamu punya bakat bermain musik.

Untuk video musik ataupun lirik, buatlah konten yang segar dari ruma. Pastikan konten unik, juga kreatif supaya mencuri perhatian penikmat musik untuk berbagi video dari channel kamu. Kamu juga bisa memeriksa data waktu tonton pada YouTube analytics untuk melihat video terpopuler atau lihat tangga lagu jika ingin mengetahui lagu top kamu di YouTube.

Jika kamu lebih senang cover lagu, maka cantumkan kata cover dalam judul konten. Pelajari pula juga tanggung jawab kamu terhadap artis asli dengan membaca kebijakan hak cipta dari YouTube.

2. Rajin Upload Konten Youtube Musik

cara membuat konten youtube musik

Tips selanjutnya adalah minimal upload satu video per minggu. Hal ini penting untuk menjaga channel supaya tetap menarik dan update bagi para penonton. Sebaiknya kamu juga memberi informasi jadwal pada branding channel.

Akan menarik juga apabila seluruh konten YouTube musik yang diselingi dengan video dibalik layar, rekaman studio, konser live untuk menghindari rasa bosan. Kamu bisa membuat proses rekaman studio atau Vlog musik, koreografi juga fashion dalam video tersebut. Kamu bisa bercerita tentang pribadi sebagai cara berinteraksi atau menyapa penonton.

Cara berikutnya yaitu dengan mencoba upload video Premiere sebagai momen peluncuran untuk mengundang rasa penasaran penonton pada karya terbaru. Hal ini penting untuk memancing rasa penasaran penggemar. Misalnya, dengan memperlihatkan hitung mundur durasi 2 menit sebelum konten Premier dimulai dan bisa langsung chat dengan penggemar.

3. Cara Membuat Konten Youtube Musik Dengan Berkolaborasi

cara membuat konten youtube musik

Senjata ampuh berikutnya dalam membuat konten YouTube musik adalah berkolaborasi dengan pembuat konten YouTube lainnya. Pastikan partner tersebut mempunyai gaya yang sama seperti identitas kamu. Ciptakanlah kolaborasi seunik mungkin misalnya dengan kostum untuk video musik.

Sangat penting berkolaborasi secara positif supaya musik yang kamu suguhkan dapat dinikmati oleh penonton baru serta meningkatkan basis fans. Cari partner kolaborasi dengan penonton dan suara yang bisa saling melengkapi.

Bahkan kamu juga bisa menggunakan berbagai fitur bawaan YouTube supaya bisa memulai iklan kolaborasi kedua channel. Jangan lupa untuk periksa pada bagian YouTube analytics terutama subscriber dan efek kolaborasi terhadap basis fans.

4. Jalin Interaksi Dengan Penggemar

cara membuat konten youtube musik

Apabila ada penonton menikmati konten video musik yang kamu buat, berkomentar, atau ikut mengcover musik atau membuat video musik tidak resmi hanya untuk kamu, itu adalah pertanda mereka merupakan fans. Artinya kamu perlu mengucapkan terima kasih serta melihat bagaimana kreativitas mereka dalam membuat konten video.

Manfaatkan fitur komentar pada YouTube Studio supaya bisa menjawab komentar secara positif terkait video yang kamu buat secara berkala apalagi terhadap para penonton yang rajin berkomentar. Tinggalkan pesan ajakan supaya dapat meningkatkan interaksi pada komunitas fans.

Misalnya, bertanya tentang lagu apa yang sebaiknya kamu cover untuk konten berikutnya. Hal lainnya yang dapat kamu lakukan sebagai cara membuat konten YouTube musik ramai penonton adalah dengan bekerjasama menggandeng distributor musik, penerbit, atau label tertentu untuk aktifkan content ID sehingga penggemar bisa upload video memakai musik yang telah kamu buat.

Komentar pada bagian channel juga bisa kamu lihat untuk mencari tahu frekuensi atau intensitas penggemar berkomentar. Terakhir, manfaatkan tanggal lagu dan insight untuk melihat jumlah tayangan video dan video penggemar.

Youtube Mastery

Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan