Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Panduan Lengkap dan Mudah Upload Video Di Youtube, Bisa Kamu Coba.

5 min read

cara upload video di youtube

YouTube merupakan platform ampuh sekaligus gratis agar kamu bisa menghasilkan banyak pengunjung bahkan untuk mengembangkan sebuah bisnis kecil hanya dengan mengetahui cara upload video di YouTube.

Dengan membuat konten video menarik, kamu bisa meningkatkan jumlah penonton di internet sekaligus cocok untuk kamu yang ingin menjadi seorang influencer. Akan tetapi, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui tentang bagaimana cara upload video di YouTube di laptop, di iPhone, atau di HP.
cara upload video di youtube

Panduan Lengkap Upload Video Youtube

Nah untuk itu, kamu bisa menggunakan panduan cara upload video di YouTube berikut bagi pemula. Kamu akan belajar  apa yang harus kamu lakukan sebelum upload video dan bagaimana menambahkan sentuhan terakhir serta membagikan video ke seluruh dunia.

Secara sederhananya, berikut adalah beberapa langkah untuk mengupload video ke YouTube yaitu:

  • Login ke akun Youtube
  • Pilih tombol upload
  • Tarik, letakkan, atau kau pilih file yang ingin kamu upload
  • Tips Sebelum Upload Video di YouTube
  • Masukkan deskripsi, tag, dan informasi privasi
  • Bagikan video ke sosial media

Untuk menjelaskan beberapa poin di atas, maka kamu bisa mempelajari langsung masing-masing bagian dari penjabaran berikut:

1. Membuat Akun Youtube

cara upload video di youtube

Tahap pertama untuk bisa upload video YouTube adalah dengan membuat akun YouTube terlebih dahulu. Kamu bisa login langsung pada akun yang sudah ada menggunakan link pada bagian kanan atas laman utama YouTube. Jika kamu belum mempunyai akun Google untuk Gmail, ataupun Google Drive maka biasanya kamu akan langsung terbuka secara otomatis.

Sebelum memulai mengupload video, maka harus memahami terlebih dahulu beberapa langkah dasar mengatur akun. Termasuk membuat gambar profil, upload banner sesuai spesifikasi ukuran banner YouTube.

2. Cara Upload Video di YouTube

cara upload video di youtube

YouTube membuat proses upload video sangat mudah. Caranya tinggal klik bagian tombol upload pada kanan atas halaman utama. Cara upload video di YouTube dari HP sama seperti dari laptop, yaitu dengan memperhatikan tipe file video yang compatible berikut: .mp4, .m4v, .mov, .wmv, and .avi. Atau, kamu tinggal pilih file tersebut dan letakkan pada bagian kolom yang sudah disediakan. Terdapat pula bagian pilihan privasi pada halaman tersebut untuk mengontrol siapa yang boleh melihat video dengan empat pilihan yaitu public, unlisted, private, schedule.

  • Public artinya video tersebut bisa dicari dan ditemukan oleh seluruh orang di dunia. Semua kalangan bisa melihat video tersebut.
  • Unlisted adalah jenis video yang akan kamu upload dan bagikan tanpa menunjukkan channel YouTube, tapi siapapun bisa membagikan video tersebut.
  • Jenis video pribadi atau private berarti hanya kamu saja yang dapat melihat video tersebut sehingga tidak akan muncul dalam keseharian atau kau muncul pada bagian channel YouTube kamu.
  • Schedule artinya adalah kamu bisa mengatur kapan video tersebut akan tayang dengan mengatur tanggal dan pukul penayangan.

YouTube juga memberikan fitur live sehingga kamu bisa melakukan video livestream untuk menyapa audiens secara nyata menggunakan kolom komentar. Cara upload video di YouTube agar banyak yang nonton tersebut banyak digunakan oleh para youtuber. Tentu saja terdapat kebijakan dari YouTube yaitu verifikasi akun sebelum memulai live streaming.

3. Tambahkan Informasi Pada Video Pertama Kamu

cara upload video di youtube

Ketika kamu sedang mengisi informasi, pada bagian tersebut terdapat sebuah kolom biru pada bagian atas layar yang menunjukkan progres video yang sedang kamu upload dan prosesnya. Pastikan untuk tidak menutup halaman selama proses berlangsung. Hal ini penting supaya proses upload video tidak terganggu.

Menambahkan informasi video tentu hal yang mudah, tetapi wajib kamu pikirkan secara matang karena dapat mempengaruhi kesuksesan video. Bagian ini menjadi sangat penting karena menjadi salah satu cara memperoleh penonton.  YouTube akan membawa kamu pada halaman baru dengan beberapa kolom teks dan pilihan seperti:

  • Title and description – kamu harus memasukkan judul deskriptif untuk menceritakan subjek video dengan panjang tidak lebih dari 7 sampai 10 kata sehingga pengguna bisa membaca judul secara full ketika sedang browsing.
  • Tags – sama seperti description, teks deskriptif dan relevan akan membantu supaya para pengunjung bisa menemukan video kamu secara mudah. Kamu juga perlu melakukan hal tersebut walaupun kamu mencoba cara upload video di YouTube lewat iPhone. Kamu juga harus menentukan keyword seperti 12 suku kata atau frasa pendek daripada satu kalimat penuh.
  • Thumbnail – tampilan visual digunakan untuk judul-judul video supaya Semua orang bisa memutarnya. Setelah video kamu berhasil diupload, YouTube akan menampilkan gambar dan menyediakan kamu pilihan untuk menggunakannya sebagai thumbnail. Ukuran thumbnail yang direkomendasikan YouTube adalah 1280×720 piksel. Verifikasi akun terlebih dahulu sebelum melihat pilihan pengaturan thumbnail.
  • Privacy –  bagian ini adalah pengaturan privasi dimana kamu bisa mengganti video menjadi public, unlisted, ataupun private. URL tidak akan berubah dan hanya pada bagian status privasinya saja yang nanti akan berubah setelah kamu merubah setting video.
  • Add to playlist –  playlist di YouTube membantu agar kamu bisa mengumpulkan video yang hampir mirip secara bersamaan. Misalnya sebuah playlist bisa menampilkan kumpulan video yang berbau video game secara bersamaan.

4. Cara Edit Video Setting Sebelum Upload

cara upload video di youtube

Pada bagian ini, kamu bisa belajar tentang macam-macam pilihan pengaturan lebih spesifik, walaupun hal ini tidak selalu dibutuhkan tapi bisa membantu. Kamu bisa mengatur kolom komentar apakah akan kamu tampilkan atau sembunyikan pada sebuah video.

Jika menampilkan video dengan kolom komentar maka dapat meningkatkan komunikasi langsung dengan pengguna. Atau Jika kamu ingin menghindari feedback negatif maka kamu bisa menutup kolom komentar.

Bagian kategori membantu melakukan spesifikasi topik yang kamu gunakan dalam video tersebut. Terdapat 18 kategori yang dapat kamu tentukan. Semakin akurat kamu memilih kategori yang sesuai dengan video maka semakin banyak pengunjung yang mencari dan melihat video kamu berdasarkan konten yang hampir sama. Ada juga bagian yang di sebut “caption certification”, sangat penting untuk membuat konten yang dapat di akses oleh para penggunanya dengan kendala pendengaran. Sementara “closed captioning” sangat penting guna memenuhi kebutuhan para penonton yang menikmati video tanpa suara.

Jika kamu membuat sebuah video maka harus di sebutkan sebagai tujuan legal selalu terbuka dengan para pengunjung kapan saja kamu mempunyai produk klasemen ataupun sponsorship dan endorsement yang ada dalam video.

5. Tayangkan Video Perdana Kamu

cara upload video di youtube

Sekarang, kamu tinggal tekan tombol publish pada bagian kanan atas untuk menyimpan perubahan. Setelah mempelajari cara upload video di YouTube, kamu juga bisa meninggalkan halaman tersebut ketika sedang proses. Atau, kamu juga bisa tetap menunggu dan tunggu sampai selesai sambil belajar tentang cara upload video di youtube agar tidak pecah.

6. Bagikan Konten Video Kamu Ke Publik

cara upload video di youtube

Setelah konten video kamu benar-benar sudah terupload dan sudah diproses, waktunya untuk membagikan video. Kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk membagikan video, dengan meng-copy paste URL atau gunakan tombol share pada bagian halaman video.

Setelah klik video, terdapat notifikasi kecil, menyeediakan beberapa pilihan di mana kamu bisa membagikan konten video termasuk link dan embed.

Facebook dan Twitter contohnya merupakan tempat berbagi konten karena kamu bisa langsung berbagi video sekaligus ke banyak orang. Pilihan lainnya yaitu share ke Instagram, Pinterest, WhatsApp dan lainnya. Pelajari siapa penonton kamu dengan membagikan video ke berbagai sosial media sehingga kamu memperoleh hasil terbaik.

Sekarang, kamu sudah sukses mengikuti cara upload video di YouTube, sehingga kamu bisa belajar terus termasuk mempelajari cara upload video di YouTube dengan kualitas bagus sebagai seorang kreator. Pelajari kebijakan YouTube lebih lanjut termasuk cara upload video di YouTube tanpa terkena copyright.

Youtube Mastery

Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan