Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Perawatan Ikan Cupang Black Samurai dan Peluang Bisnis Baru

4 min read

ikan cupang black samurai

Ikan cupang black samurai menjadi salah satu bukti bahwa cupang tidak hanya disenangi banyak orang karena warnanya yang cerah dan berwarna. Black samurai justru merupakan jenis ikan cupang dengan warna dasar hitam. Selain untuk ikan hias, ikan cupang banyak dijadikan sebagai ikan aduan untuk ikut berbagai kontes.

Mengapa Harus Budidaya Cupang Black Samurai?

Pertama, semua ikan cupang, termasuk ikan cupang black samurai memiliki daya tahan tubuh sangat kuat. Cupang dari Thailand ini pertama kali dikenalkan oleh Pichet Plaisanguan, bisa bertahan hidup lama. Bahkan ketika anda meletakkan dalam botol dengan volume air sedikit, dan tidak ada sirkulasi udara, ikan cupang masih bisa bertahan.

ikan cupang black samurai

Cupang black samurai juga sangat digemari, karena fisiknya yang unik. Seperti seorang samurai, kepala ikan ini tampak bersisik metalik, sedangkan seluruh tubuhnya justru bersisik metal. Black samurai juga terkenal dengan sebutan black mamba jika warnanya benar-benar hitam gelap dengan sedikit sekali bercak putih pada sisiknya. Black mamba bersisik putih punya mutiara lebih banyak dan tampak panjang.

Tren ikan cupang black samurai di Indonesia sudah ada tahun 2018, dengan harga sangat tinggi, yaitu mencapai 1 sampai 2 juta rupiah dijual per pasangan. Namun karena semakin banyak pembudidaya, harga merosot hingga Rp 50.000 untuk cupang umur 3,5 bulan, Rp 65.500 untuk cupang umur 3 bulan dan Rp 150.000 untuk cupang black samurai usia 4 bulan.

Tips Merawat Ikan Cupang Black Samurai

Bagi pemula yang ingin merawat black samurai, berikut adalah panduan lengkap yang dapat anda pelajari.

1. Pemberian Pakan

Anda bisa memberikan pakan pellet untuk cupang black sebagai jenis pakan paling praktis. Pastikan pilih pellet dengan gizi lengkap. Pemberian vitamin juga sangat disarankan. Pakan terbaik untuk ikan cupang black samurai dan jenis lainnya adalah cacing, jentik nyamuk, udang kecil, burayak guppy, dan lainnya. Pemberian pakan bervariasi tentu akan melengkapi kebutuhan nutrisi black samurai.

2. Persiapan Akuarium

Banyak pemula merasa putus asa ketika cupang black yang baru saja dibeli ternyata mati begitu dipindahkan pada akuarium baru. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Hal ini karena kurangnya persiapan pada akuarium.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka anda dapat menggunakan rahasia berikut supaya ikan cupang bisa bertahan hidup lama:

  • Pastikan akuarium dalam kondisi bersih, pilih akuarium sesuai ukuran tubuh dan hindari menempatkan ikan langsung ke dalam air. Karena dapat menyebabkan ikan stres sampai mati mendadak.
  • Biarkan ikan cupang tetap dalam air yang sama, yaitu selama dua atau tiga hari. Kemudian, pindahkan pada air baru. Air mineral adalah jenis air terbaik, walaupun lebih mahal tapi pH sudah ideal daripada anda menggunakan air PAM bahkan air sumur, karena anda harus mengendapkannya dulu semalaman sebelum anda gunakan untuk mengisi akuarium.
  • Agar ikan tidak mengalami penyakit kulit, gunakan daun ketapang untuk pencegahan.
  • Terakhir, pastikan kondisi air dalam keadaan bersih, ganti secara rutin yaitu tiga hari sekali. Kondisi air harus mencapai pH 6,1-7,1 agar warna ikan tetap menarik.

3. Tambahkan Vitamin Cupang

Vitamin adalah salah satu penunjang bagi ikan cupang agar fisik lebih berkualitas. Aplikasikan vitamin yang berbahan organik untuk mendukung pembentukan tubuh, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu warna sirip serta warna ikan cupang tetap cerah. Ikuti petunjuk yang ada pada setiap penggunaan vitamin yang sudah anda beli.

Jual Ikan Cupang Black Samurai Selama Pandemi, Omset Naik

Dilansir dari Tribunnews Banjarmasin tanggal 22 November 2020, pelaku bisnis ikan cupang mengaku tidak menghadapi kesulitan selama Pandemi COVID-19. Banyak pengusaha justru memperoleh berkah lura biasa, salah satunya adalah Cuncun, penjual cupang yang ada di Jalan Veteran, Banjarmasin.

Cuncun menawarkan ikan cupang untuk pembeli grosir, sehingga pembeli bisa menjual ikan cupangnya kembali untuk bisnis. Tidak hanya ikan black samurai, ia juga menjual Black Avatar dan jenis lainnya. Black Avatar masih menjadi pilihan populer dengan harga mulai Rp 250.000.

Hadis, Budidaya Cupang Black Samurai 2 Tahun, Omzet 2 Juta Per Bulan

Cerita inspiratif berikutnya tentang budidaya ikan cupang black samurai yaitu dari Hadis Aji Romadhona, pemuda yang dikenal dengan nama Adis ini masih berusia 24 tahun. Berawal dari hobinya, ia mulai belajar otodidak, menggunakan berbagai channel Youtube untuk belajar budidaya cupang. Kini, ia sudah mampu mengembangkan bisnis tersebut secara online dan offline.

Cupang masih terus menjadi primadona, karena penggemarnya adalah dari semua kalangan. Warnanya sangat indah, sedangkan black samurai walau didominasi dengan warna hitamnya tetap tampil elegan. Menurut Adis, budidaya ikan hias cupang memberi banyak keuntungan karena proses budidayanya juga terbilang mudah.

Bahkan bisa dimulai dengan menggunakan baskon dengan air dan daun ketapang untuk media telur. Selama dua tahun, Adis tekun belajar, jeli, telaten, dan memilih jenis pakan serta memperhatikan faktor cuaca pada saat budidaya ikan cupang.

Soal pakan, menurut Adis, pelaku budidaya dapat menggunakan kutu air, jentik, dan pelet. Saat cuaca cerah, ikan cupang tampak sehat dengan mutasi warna menarik. Namun, tantangan terbesar adalah saat cuaca dingin. Ikan cupang black samurai dan jenis lainnya rentan terkena white spotted atau merupakan penyakit jamur.

Dengan ketekunannya selama dua tahun, Adis mampu menghasilkan omzet hingga Rp 2 juta tiap bulannya. Selain menjual ikan cupangnya secara grosir atau lubuk, ia juga memenuhi permintaan dari luar kota. Beberapa diantaranya adalah Surabaya, Lamongan, dan Gresik.

Adis membandrol harga ecer ikan cupangnya mulai Rp 4ribu sampai Rp 10 ribu. Black samurai dan halfmoon adalah dua jenis ikan cupang yang menurut Adis paling laris di pasaran.

Budidaya Cupang Modal 300 Ribuan, Penghasilan Jutaan

Dari Konawe, Sulawesi Tenggara, Andi Uci Bob mampu menghasilkan pundi rupiah walaupun pandemi COVID-19 belum berlalu. Dari usaha yang ia tekuni tersebut, Uci Bob mapu menghasilkan hingga jutaan rupiah.

Menurut Andi Uci, ia memulai bisnis cupang tersebut dari cupang black samurai, koi, blurem, multi color, halfmun cendolan, hingga helboy sebagai bentuk coba-coba saja. Seiring berjalannya waktu, hobinya pun menghasilkan. Pembeli datang langsung ke rumahnya, dan Andi Uci juga menjual seluruh cupangnya secara online atau menggunakan media sosial.

Harga yang ia tawarkan bervariasi, mulai Rp 25 ribu sampai Rp 200 ribu setiap ekornya. Bahkan, ia pernah mengiirmkan ikan ke Kendari. Dalam menekuni bisnis budidaya tersebut, Andi Uci memulai dengan modal minim, yaitu Rp 300 ribu di tahun 2020.

Sampai saat ini, para pembelinya sangat menyukai ikan halfmun atau cupang ekor panjang dengan kisaran harga Rp 50 ribu per pasang. Ikan cupang termahal yang ia miliki adalah plakat multi color yang ia jual dengan harga mulai Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribu.

Selama pengalamannya menekuni budidaya, Andi Uci menyimpan seluruh indukan ikan yang mampu menetaskan telur sampai 500 ekor.

Sekarang, anda sudah tahu banyak hal tentang bagaimana perawatan ikan cupang black samurai dan seperti apa peluang bisnis baru tersebut. Selamat mencoba!

Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan