Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

10 Jenis Usaha Rumahan yang Praktis Dijalankan

4 min read

Usaha Rumahan

Sedang cari usaha rumahan, yang praktis untuk dijalankan? Maka ini akan jadi ulasan yang tepat untuk Anda. Karena dalam ulasan kali ini, akan kami bahas tentang beberapa jenis usaha yang cocok untuk dijalankan di rumah. Berikut ini adalah jenis-jenis usaha yang mudah untuk Anda jalankan dan terbilang praktis.

1. Usaha warung sembako  

10 Jenis Usaha Rumahan yang Praktis Dijalankan

Jenis usaha rumahan pertama yang akan kami bahas adalah usaha warung sembako. Bisnis ini adalah salah satu jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya, lantaran sembako termasuk salah satu bahan kebutuhan pokok yang semua orang butuhkan.

Kali ini, Anda dapat menjual aneka macam beras, minyak goreng, air mineral, gula pasir, gas, dan yang lainnya. Usaha jenis ini memang membutuhkan modal yang besar, ketika Anda ingin membukanya sekaligus. Tapi jika modal awal terbatas, jangan khawatir. Anda dapat mengawalinya dengan membuka kios beras, kios gas atau yang lainnya. Kemudian keuntungan yang Anda peroleh bisa Anda putar kembali untuk membuka dan menambah jenis usaha lainnya. Demikian seterusnya, hingga membuat usaha yang Anda miliki jadi kan beragam.

2. Usaha frozen food

10 Jenis Usaha Rumahan yang Praktis Dijalankan

Siapa yang belum pernah mengonsumsi frozen food? Kuliner yang satu ini kian terkenal sekarang ini. Selain karena praktis, juga dapat bertahan lama asalkan Anda simpan dengan baik di dalam freezer.

Usaha frozen food adalah peluang usaha dari rumah yang cukup menjanjikan. Ada cukup banyak jenis olahan makanan beku yang dapat Anda tawarkan ke pasaran. Mulai dari aneka makanan olahan daging, olahan ikan laut, olahan makanan jadi (yang siap santap, dan hanya perlu dipanaskan di microwave), dan yang lainnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah, mencari resep yang pas, pengemasan yang praktis dan juga menarik, dan jangan lupa untuk rajin promosi.

3. Usaha keripik  

10 Jenis Usaha Rumahan yang Praktis Dijalankan

Usaha makanan rumahan modal kecil untung besar berikutnya adalah usaha membuat keripik. Siapa yang tidak suka makanan yang satu ini? Selain itu, jenis keripik yang dapat Anda produksi juga sangat beragam. Mulai dari keripik yang sudah lama, kemudian Anda olah lagi, atau bahkan menciptakan keripik kekinian. Misalnya saja keripik kentang rasa balado, keripik kentang rasa sate, keripik singkong rasa sambalado, dan yang lainnya.

Dalam mengolah kuliner yang satu ini tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memastikan bahwa keripik yang Anda produksi kelak, renyah, tidak mudah melempem, dan mempunyai cita rasa yang unik, namun tetap diterima oleh pasar. Berikutnya beri kemasan cantik, dan praktis.  Jangan lupa untuk memberikan promosi secara rutin, di sosial media yang Anda miliki, selain memberikan banner di depan rumah.

4. Katering

10 Jenis Usaha Rumahan yang Praktis Dijalankan

Usaha katering adalah salah satu jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya. Apalagi saat ini, banyak orang yang ingin menyelenggarakan sebuah acara pesta, tapi tidak ingin ribet oleh masak memasak.

Apalagi Anda yang mempunyai resep dan cita rasa masakan yang menarik, maka ini akan jadi peluang usaha dari rumah, yang menarik untuk ditampilkan.

Pada dasarnya jenis katering yang ada di pasaran sendiri ada 2 macam, yaitu catering untuk acara pesta, dan katering harian. Anda dapat memilih salah satu jenis catering yang dinilai pas, dan dapat Anda lakukan secara maksimal.

5. Usaha produk camilan

10 Jenis Usaha Rumahan yang Praktis Dijalankan

Jenis usaha rumahan dengan modal kecil untung besar berikutnya adalah membuat produk camilan. Saat ini ada cukup banyak produk usaha camilan kekinian, yang dapat Anda coba. Asalkan Anda kreatif, maka bahan yang ada, dapat disulap jadi makanan enak, menarik, dan pastinya disukai oleh banyak orang.

Mulai dari aneka camilan yang rasanya manis seperti apple strawberry Chimichanga, puding aneka buah, roti panggang coklat, oreo cheesecake dan yang lainnya. Selain itu ada juga aneka camilan dengan cita rasa gurih seperti Mac & Cheese, roti gulung sosis keju, hotang,  corn dog, dan yang lainnya.

Ide usaha ini tidak hanya menarik untuk disajikan di perumahan saja. tapi ini bisa jadi ide usaha rumahan di desa, dengan membuat sebuah warung tenda, dengan aneka kuliner unik dan menarik. Pastinya keberadaan kuliner ini akan semakin menarik minat masyarakat untuk mencicipinya. Yang pasti modal usaha yang perlu dikeluarkan juga tidak besar.

6. Usaha jualan gorengan

10 Jenis Usaha Rumahan yang Praktis Dijalankan

Selain menjajakan aneka kuliner kekinian, usaha lain yang juga tidak ada matinya adalah usaha jualan gorengan. Bahkan bisa dibilang usaha rumahan modal 50 ribu, ini banyak Anda temukan di hampir semua tempat.

Adapun jenis gorengan yang disajikan juga cukup beragam. Mulai dari cireng, lumpia, kroket, bakwan goreng, dan yang lainnya. tapi jika Anda kreatif, Anda juga dapat menyajikan aneka gorengan kekinian seperti tahu gila (tahu pedas), combro (dengan isian yang berbeda-beda), pisang goreng kipas, dan yang lainnya.

7. Usaha makanan crispy

10 Jenis Usaha Rumahan yang Praktis Dijalankan

Selain menjual aneka gorengan, aneka makanan crispy juga dapat Anda jadikan sebagai usaha rumahan untuk ibu rumah tangga. Terutama untuk Anda Yang mempunyai resep membuat ayam crispy, tidak ada salahnya jika membuka usaha tersebut di depan rumah Anda. Apalagi jika Anda tinggal di kawasan perumahan atau perkampungan. Adanya usaha seperti pastinya jadi angin segar, untuk konsumen yang ingin makan ayam secara cepat.

Selain ayam, ada juga jenis makanan crispy lainnya yang dapat anda olah, seperti jamur crispy, pisang goreng crispy, pom pom tahu crispy, dan yang lainnya.

8. Usaha jualan pulsa dan kuota

10 Jenis Usaha Rumahan yang Praktis Dijalankan

Jualan pulsa dan kuota adalah peluang usaha rumahan modal kecil yang tidak ada salahnya untuk Anda coba lakukan. Bisnis ini termasuk jenis usaha yang praktis untuk Anda jalankan, dan pastinya menguntungkan. Mengingat saat ini, banyak sekali orang yang membutuhkan pulsa dan kuota, untuk berbagai keperluan. Selain itu, modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar.

9. Jualan es kelapa muda / serut

10 Jenis Usaha Rumahan yang Praktis Dijalankan

Jenis usaha kecil yang menjanjikan berikutnya adalah jualan es kepala atau es serut. Ini adalah salah satu minuman yang disukai oleh siapa saja, baik anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, modal yang dikeluarkan untuk usaha ini juga tidak terlalu besar.

10. Usaha tanaman hias

10 Jenis Usaha Rumahan yang Praktis Dijalankan

Belakangan ini memang sedang booming aneka tanaman hias dengan bentuk yang unik dan menarik. Anda dapat menjadikannya sebagai ide atau jenis usaha rumahan modal kecil untung besar. Caranya cukup mudah, dengan membeli tanaman hias yang masih kecil, kemudian dipelihara hingga besar, dan dibibitkan kembali. Ini akan membuat modal yang dikeluarkan minim, namun memperoleh hasil yang maksimal. walau hasil panen tersebut, dapat dinikmati beberapa bulan ke depan. Pastikan Anda merawatnya dengan baik, dengan memberikan pupuk, suplai matahari dan juga air yang baik, agar hasil perkembangan tanaman hias tersebut, juga baik.

Demikianlah beberapa ulasan tentang jenis usaha rumahan yang terbilang praktis, dan mudah untuk dijalankan, tidak hanya itu, juga memberikan keuntungan menarik untuk Anda. Jadi apakah ada salah satu yang dinilai pas dan jadi inspirasi Anda!

Baca juga: 10 Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Pas untuk Mahasiswa

youtube mastery

Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan