Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Bisa Kamu Coba: Panduan Lengkap Cara Live Streaming YouTube Bagi Pemula

4 min read

cara live streaming youtube

Kamu mungkin punya pertanyaan besar tentang cara live streaming YouTube dan kali ini kamu bisa mempelajari panduan secara lengkap. Ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum memulai live streaming YouTube termasuk apa saja syarat dan cara agar live streaming tidak patah-patah.

Kamu bisa mengikuti panduan ini agar kapan saja kamu ingin membuat lives treaming untuk kepentingan bisnis jadi lebih mudah. Konten live streaming berisi tentang berbagai hal yang sedang terjadi dan ditayangkan dalam bentuk video. Misalnya, kamu mungkin pernah melihat live streaming YouTube tentang game yang sedang berlangsung.

cara live streaming youtube

Apa Saja Syarat Live Streaming Youtube?

Kamu bisa melakukan cara live streaming YouTube di PC atau perangkat lainnya termasuk iPhone dan handphone. Syarat utama Live streaming adalah kamu sudah mempunyai akun YouTube yang sudah memenuhi persyaratan yaitu channel yang telah terverifikasi. Agar channel kamu terverifikasi caranya mudah karena kamu tinggal menuju ke link berikut: http://www.youtube.com/verify

Pastikan kamu sudah login ke Youtube lalu tambahkan nomor handphone yang dapat dihubungi supaya kamu akan memperoleh kode verifikasi baik melalui SMS ataupun telepon. Berikutnya kamu juga harus memenuhi persyaratan telah mengaktifkan fitur ini yaitu dengan membuka link berikut: https://www.youtube.com/features

Pastikan bahwa status pada channel YouTube yang kamu miliki adalah partner verified. Sedangkan pada bagian live streaming, fiturnya harus dalam kondisi enabled. Jika kamu sudah bisa memenuhi semua syarat tersebut, maka cara live streaming YouTube sudah dapat kamu lakukan.

cara live streaming youtube
Perlu diketahui terdapat dua jenis livestreaming YouTube yaitu stream now dan events. Perbedaannya adalah sesuai untuk acara live diadakan yang sederhana sehingga ketika kamu live streaming dari PC maka bisa langsung dimulai. Pilihan ini justru yang paling populer diantara para youtuber termasuk youtuber gaming. Pelajari juga bagaimana cara live streaming YouTube tanpa 1000 subscribers.

Berikut adalah beberapa istilah yang wajib kamu ketahui jika ingin mencoba live streaming YouTube jenis stream now:

  • Basic info – kamu bisa menambahkan judul dan deskripsi tentang livestreaming termasuk kategori live streaming.
  • Stream option –  atur dvr aktif atau tidak, simpan video livestreaming atau tidak, terima optimization dengan delay atau tidak.
  • Monetization – fitur untuk mengaktifkan apakah video tersebut akan menghasilkan uang atau tidak. Aktifkan jika ingin menghasilkan uang.
  • Cards – jika ingin meningkatkan interaksi si video livestreaming termasuk tulisan, gambar, link, atau tombol CTA.

Cara Live Streaming Youtube – Dari Awal Sampai Verifikasi

cara live streaming youtube
berikut adalah langkah-langkah melakukan live streaming YouTube di HP ataupun di PC secara mudah:

  1. Mulailah dengan membuka situs YouTube yaitu youtube.com
  2. Lanjutkan dengan buka menu pada bagian kanan atas terdapat logo ataupun icon akun kamu atau kamu bisa langsung klik channel saya.
  3. Selanjutnya, kamu akan langsung diarahkan pada bagian halaman profile akun. Disini kamu bisa langsung klik Creator Studio.
  4. Pada halaman inilah kamu bisa melakukan editing dan kelola video dengan berbagai pilihan. Termasuk untuk melakukan live streaming dengan cara klik bagian menu livestreaming sebelah kiri. Kamu bahkan bisa memulai cara live streaming di iPhone.
  5. Lanjutkan dengan Klik tombol biru bertuliskan “memulai”.
  6. Jika kamu tidak pernah melakukan kegiatan live streaming, maka kamu harus verifikasi akun terlebih dahulu yaitu dengan kode verifikasi dari SMS atau telepon.
  7. Kamu bisa memilih verifikasi melalui SMS dengan cara memilih SMS dan mengisi berapa nomor telepon yang akan memperoleh kode SMS tersebut dan klik tombol kirim untuk melanjutkan.
  8. Tunggu beberapa saat sampai kamu memperoleh kode verifikasi melalui SMS sesuai nomor yang telah dikirimkan. Lalu isikan kode verifikasi tersebut pada bagian kolom yang telah disediakan dan klik kirim.

Cara Live Streaming YouTube Setelah Verifikasi Kode

Cara Live Streaming YouTube Setelah Verifikasi Kode
Jika dari tahap 1-7 telah berhasil, dan kamu sudah memmperoleh kode verifikasi, berikut langkah yang harus kamu lakukan:

  1. Berikutnya kamu akan diarahkan pada halaman pemberitahuan bahwa akun YouTube kamu telah terverifikasi.
  2. Selanjutnya, kamu harus tunggu selama 24 jam supaya bisa melakukan livestreaming. Cara live streaming YouTube tanpa subscriber juga sangat mungkin untuk kamu lakukan.
  3. Setelah menunggu selama 24 jam, kamu bisa membuka akun Youtube. Pada kesempatan kali ini, kamu bisa livestreaming perdana menggunakan webcam pada komputer ataupun laptop. Caranya sangat mudah yaitu tinggal ketik alamat situs www.youtube.com/webcam.
  4. Setelah itu, kamu bisa melihat bagian editor dengan tampilan kotak pop-up. Kamu harus isi file pertama menggunakan judul live streaming. Sedangkan pada file kedua bisa diisi privasi video yang menentukan apakah livestreaming tersebut bisa dilihat semua orang ataupun tidak.
  5. Klik file bagian bawah jika kamu ingin menampilkan streaming tersebut pada masa mendatang. Tentukan waktu penayangan dan jika sudah selesai melakukan pengaturan, klik berikutnya.
  6. Terdapat kotak pop-up berhubungan dengan penentuan thumbnail pada video livestreaming yang sudah kamu buat. Kamu bisa pasang foto diri sendiri atau foto lainnya. Jika ingin menggunakan foto lainnya, klik upload thumbnail kostum.
  7. Berikutnya, kamu akan melihat halaman Browse, dan pilih gambar sesuai yang diinginkan sebagai thumbnail video pada livestreaming YouTube. Kemudian klik open.
  8. Kamu akan diarahkan pada halaman sebelumnya dan jika sudah siap untuk melakukan live streaming YouTube, klik Go Live.
  9. Sekarang, kamu sudah ada pada halaman live streaming dengan tanda notifikasi kamu sedang live. Kamu tinggal melakukan livestreaming yang berkontribusi positif untuk seluruh penonton dan jika sudah selesai, jangan lupa untuk tekan tombol akhiri streaming.
  10. Kamu akan melihat kotak notifikasi yang merupakan konfirmasi apakah kamu yakin ingin mengakhiri streaming atau tidak. Jika sudah yakin, klik akhiri. Pelajari juga bagaimana cara live streaming dari Zoom.

Alasan Wajib Live Streaming di YouTube

Cara Live Streaming YouTube Setelah Verifikasi Kode

Fitur live streaming YouTube sering digunakan para content creator berbasis gaming atau juga pada niche lainnya. Bahkan banyak multimedia menayangkan tayangan-tayangan televisi sehingga seluruh acara dapat ditonton oleh pemirsa yang tidak bisa melihat televisi pada saat itu.

Jika kamu sudah lancar melakukan tutorial diatas, kamu juga bisa belajar bagaimana melakukan cara live streaming YouTube dan Facebook bersamaan. Sehingga kamu bisa menghemat waktu untuk kebutuhan pembuatan konten bermanfaat bagi seluruh subscriber.

Melakukan cara live streaming YouTube adalah hal wajib karena beberapa alasan. Melalui layanan ini kamu bisa menghasilkan lebih banyak uang jika dilihat dari segi monetisasi. Terdapat pilihan ads atau iklan yang dapat kamu pasang selama siaran berlangsung. Bahkan karena hal ini sangat penting, kamu juga wajib mencoba cara live streaming YouTube dengan OBS.

Jika pada Facebook Live, terdapat pembatasan waktu selama 4 jam dan Instagram Live hanya untuk satu jam, maka kamu bisa menggunakan live streaming YouTube tanpa ada batasan waktu sehingga hal ini akan sangat menguntungkan. Kalau kamu melakukan siaran langsung dari HP, minusnya adalah baterai HP atau paket internet jadi cepat habis.

Ketika kamu melakukan siaran langsung atau live streaming melalui Facebook ataupun Instagram, namun pengguna tidak bisa menonton hasil siaran tersebut setelah selesai. Berbeda dengan fitur live streaming YouTube yang mengizinkan para penggunanya untuk bisa menonton siaran yang telah kamu buat pada channel pribadi. Hal ini karena terdapat fitur simpan video, sehingga bisa memperoleh audiens lebih tinggi.

Itulah informasi tentang hal-hal yang wajib kamu ketahui termasuk bagaimana cara live streaming YouTube bagi pemula dari awal sampai akhir panduan. Sekarang kamu jadi lebih tahu kenapa live streaming di YouTube lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan media sosial lainnya termasuk Facebook dan Instagram.

Youtube Mastery

Incoming search terms:

  • berapa jam batas live streaming youtube
Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan