Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

6+ Cara Jitu Membuat Konten YouTube Bagi Pemula, Wajib Kamu Coba!

2 min read

cara membuat konten youtube bagi pemula

Cara membuat konten YouTube bagi pemula akan kamu pelajari pada panduan ini. Semua orang pasti penasaran dan tertarik jadi YouTuber atau Vlogger. Apalagi hampir semua orang setiap harinya pasti nonton video di YouTube. Mulai dari Kalangan Ibu Muda yang mencari tutorial resep, Informasi bisnis bagi siapapun yang ingin memulai usaha, atau balita yang suka mendengarkan berbagai lagu anak-anak.

Cara Membuat Konten YouTube Bagi Pemula, Seperti Apa?

Langkah pertama membuat konten YouTube adalah dengan membuat konten terlebih dahulu. Namun, ada beberapa hal lainnya yang harus kamu persiapkan. Geri Azriel selaku Country Manager Strategic Partnership YouTube Indonesia, menyebutkan terdapat 10 langkah membuat konten YouTube bagi pemula.cara membuat konten youtube bagi pemula

1. Shareability

Konten YouTube harus bisa dibagikan, biar gampang bisa disebut shareability. Semakin mudah konten YouTube dibagikan, maka semakin mudah penonton berbagi video terhadap oranglain. Semakin banyak yang share, semakin dikenal pula channel YouTube yang kamu buat.

2. Conversation

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan ketika membuat konten adalah bagaimana cara kamu berbicara kepada penonton. YouTube sebagai platform sosial mendukung supaya kamu bisa membangun komunitas dan menciptakan kedekatan.

3. Interactivity

Membuat konten YouTube juga harus melibatkan penonton atau terlibat di dalam penentuan. Maksudnya adalah kamu bisa menggali informasi tentang hal-hal yang justru tidak banyak disadari oleh penonton. Ini adalah kunci keberhasilan dari konten video yang kamu buat. Misalnya, untuk menggali informasi tersebut bisa dengan membaca komentar yang masuk dalam channel. Atau, bisa juga dengan menjawab pertanyaan hasil kiriman penonton.

4. Membuat Konten Video Youtube Harus Konsisten

cara membuat konten youtube bagi pemula

Consistency, tidak semua orang bisa melakukan hal ini ketika menekuni sesuatu termasuk saat membuat berbagai video untuk konten YouTube. Konten video pertama hingga selanjutnya dalam satu channel harus mempunyai tema sama. Bahkan kamu juga bisa membuat kesan agar penonton tahu bahwa itu adalah konten kamu. Misalnya, kamu bisa memberikan panggilan spesial  untuk penonton secara konsisten atau menggunakan outfit yang menunjukkan identitasmu.

5. Siapkan Sasaran Penonton

Saat mengawali video konten mungkin kamu ingin memperoleh banyak viewer pada setiap videonya. Akan tetapi, jauh lebih efektif apabila kamu sudah mempunyai sasaran audience baik komunitas ataupun personal sesuai konten video yang kamu buat. Misalnya ketika ingin membuat konten masak, sebagai pemula kamu bisa membuat konten video YouTube dengan menyuguhkan menu resep terbaru setiap akhir pekan. Sedangkan pada hari biasa, bisa membuat konten masak bervariasi.

6. Jaga Keberlangsungan

cara membuat konten youtube bagi pemula

Cara membuat konten YouTube bagi pemula berikutnya yaitu dengan memperhatikan konten yang terus update. Bahkan content creator yang sudah populer terus menjaga eksistensi mereka dengan unggah hingga 300 per minggu tanpa putus.

Tujuannya adalah supaya keberlangsungan channel terus terjaga dan penonton Setia juga tidak akan pergi. Lakukan hal ini Apabila konten YouTube milik kamu sudah mempunyai penonton setia yang setiap minggunya selalu menunggu untuk konten terbaru.

7. Pastikan Konten YouTube Kamu Gampang Dicari

Kunci penting berikutnya sebagai cara membuat konten YouTube bagi pemula yang harus diperhatikan adalah supaya video mudah ditemukan. Optimasi video tersebut termasuk dalam menulis judul video secara efektif, memberikan deskripsi video relevan serta memberikan beberapa langkah tersebut membantu karena channel butuh exposure.

Itulah informasi lengkap tentang bagaimana cara membuat konten YouTube yang harus diperhatikan oleh pemula. Melalui cara ini kamu bisa Memulai membuat konsep channel YouTube dari konten dan tema tetap.

Youtube Mastery

Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan