Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Mau Jadi YouTuber? Ini 7 Cara Membuat Konten YouTube Mudah Khusus Pemula

4 min read

cara membuat konten youtube

Panduan lengkap cara membuat konten YouTube adalah hal pertama yang wajib kamu baca ketika ingin menjadi seorang YouTuber atau Content Creator. Hal ini karena membuat konten bukanlah perkara mudah, apalagi bagi seorang pemula.

YouTube saat ini menjadi salah satu cara menghasilkan uang. Sebagai platform berbagi video terfavorit masyarakat dunia, YouTube membuka pintu lebar bagi siapapun yang ingin jadi konten kreator, termasuk kamu, walaupun masih pemula. Ketika ingin membuat konten YouTube, maka salah satu syarat utama yang harus kamu penuhi adalah memiliki channel.

cara membuat konten youtube

Di Channel tersebut, kamu punya peluang membuat berbagai video relevan, dalam satu tema. Konten positif dan berguna untuk menghasilkan banyak subscriber yang akan mendukung keberlangsungan channel YouTube kamu supaya bisa menghasilkan. Untuk mencapai hal tersebut, kamu wajib tahu apa bahwa membuat konten YouTube tidak boleh asal-asalan.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang pembuatan konten YouTube yang tidak boleh dibuat secara sembarangan, maka kamu dapat mengikuti semua langkah berikut, mulai dari pembuatan sampai video marketing.

Cara Membuat Konten YouTube Bagi Pemula

Agar konten kamu benar-benar terencana secara matang dengan konsep menarik perhatian penonton, berikut adalah informasi lengkap tentang cara membuat konten pada platform YouTube:

1. Menentukan Topik dan Audiens

Kebanyakan YouTuber pemula langsung membuka kamera begitu saja. Sebaiknya, hindari tergesa-gesa dan buatlah perencanaan konten atau content planning. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan topik video. Tech Smith menyebutkan bahwa kamu perlu memberikan nilai atau value pada setiap konten video yang telah kamu buat.

Konyol atau karismatik tidak menjamin penonton tertarik. Artinya, kamu harus punya topik konten video yang sesuai.

Contoh, setelah mempelajari cara membuat YouTube di HP konten traveling. Maka, kamu harus membuat rancangan tentang apa saja yang ingin kamu masukkan dalam video tersebut. Kamu bisa membuat video perjalanan, video tutorial packing, atau lainnya.

Kamu juga bisa mencari topik sesuai tren saat ini. Setelah itu, lakukan riset audiens. Cari informasi siapa penontno, bagaimana masalah mereka, juga kebutuhan mereka dari nonton video kamu. Disitulah, akhirnya kamu bisa membuat konten yang dapat menjawab kepuasan audiens.

2. Tulis Skrip Video

cara membuat konten youtube

Jika sudah selesai pada langkah pertama, kamu bisa lanjutkan bagaimana cara membuat konten YouTube menarik dengan menulis skrip video. Tanpa adanya skrip, tidak akan mudah berbicara di depan kamera.

Itulah mengapa, sangat penting membuat beberapa bagian skrip, termasuk intro, isi, juga penutup. Tujuannya supaya lebih gampang menulis. Intro juga harus kamu buat menarik, supaya audiens tetap menikmati video kamu.

Menurut YouTube, 15 detik pertama adalah peluang berharga untuk menarik audiens. Kalau dalam waktu tersebut audiens tidak mendapatkan feel apapun, tidak butuh lama untuk mereka meninggalkan video tersebut.

Isi dan penutup juga wajib kamu tulis semenarik mungkin. Dalam membuat skrip video, salah satu bagian terpenting adalah tulisan harus komunikatif, mengajak para audiens terlibat dalam konten video kamu.

3. Peralatan YouTube

cara membuat konten youtube

Hal ini juga menjadi bagian penting bagi siapapun yang sedang belajar cara membuat konten YouTube bagi pemula. Alat-alat membuat video adalah pendukung. Jika masih pemula, kamu bisa menggunakan kamera handphone.

Menggunakan kamera tersebut, maka kamu dituntut kreatif, tujuannya supaya video konten YouTube kamu layak menemani para audiens. Jika channel YouTube sudah mulai berkembang, mulailah berinvestasi berbagai alat produksi video. Misalnya dengan membeli kamera mirrorless atau DSLR, tripod, lighting, mic, dan lainnya.

4. Lokasi Syuting

cara membuat konten youtube

Langkah selanjutnya cara membuat konten video YouTube juga harus mencari lokasi. Pastikan bahwa kamu memperhatikan segi pencahayaan. Tujuannya supaya tidak ada backlight dan mampu menghasilkan video jernih. Saat syuting indoor maupun outdoor, pastikan suara juga tidak pecah. Hal ini juga wajib kamu perhatikan apalagi jika ingin bermusik, setelah belajar cara membuat konten YouTube musik lewat cover lagu. Penting sekali melihat kualitas video supaya bisa membuat audiens tertarik.

5. Cara Membuat Konten YouTube – Edit Video

cara membuat konten youtube

Jika kamu sudah membuat tahap perekaman, maka berikutnya adalah proses pengeditan. Langkah ini penting, karena kamu juga harus mencari scene tepat. Tidak hanya itu, tetapi juga terdapat unsur lainnya termasuk audio maupun teks video sesuai kebutuhan. Lakukan proses editing secara teliti supaya hasilnya maksimal.

6. Optimasi Video YouTube

Video apapun yang kamu buat, misalnya cara membuat konten YouTube sepak bola,  kamu wajib tahu bagaimana optimasi SEO Youtube secara maksimal. Hal ini penting karena video-video tersebut harus muncul dalam pencarian halaman Google dan YouTube, kalau bisa, pada posisi teratas.

Caranya, lakukan optimasi meta description video, thumbnail, judul, juga tag video. Kemudian, kamu juga harus melengkapi video dengan deskripsi padat maupun singkat, tidak terlalu panjang. Penambahan CTA atau Call to Action, meminta penonton melakukan sesuatu (subscribe, share, like, komentar) adalah salah satu cara terbaik dalam deskripsi untuk menarik perhatian audiens.

Kamu juga bisa mempelajari bagaimana membuat desain thumbnail persuasif, lalu masukkan tag video relevan dalam konten. Jangan lupa untuk riset keyword dan masukkan dalam judul video yang sudah kamu buat.

7. Analisis Video

Cara Membuat Konten YouTube

Sekarang, kamu sudah selesai melakukan semua hal terkait cara membuat konten video YouTube. Apakah semua sudah beres setelah upload? Tentu tidak, karena masih ada beberapa tugas yang harus kamu selesaikan.

Pertama, kamu wajib melakukan analisis video. Hal ini juga penting meskipun channel yang kamu buat adalah cara membuat konten YouTube gaming. Gunakan tool Youtube Analytics untuk mencari informasi mana video yang paling tidak disukai dan paling disukai penonton.

YouTube Analytics adalah tool berguna karena bisa membantu melakukan evaluasi konten. Sehingga, kedepannya kamu bisa mencari ide lebih baik lagi bagaimana membuat konten YouTube yang menarik.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja yang dapat kamu terapkan ketika ingin membuat konten video YouTube. Sebagai pemula, tentu ada banyak hal yang harus kamu pelajari, dari bagaimana membuat video berkualitas, proses edit, proses upload, sampai proses optimasi.

Dapat disimpulkan bahwa jadi YouTuber artinya kamu harus punya kreativitas tinggi, merencanakan semua secara matang sebelum pembuatan video, sekaligus menjamin bahwa hasil video yang kamu upload berkualitas, bukan ngeblur, gambar pecah, atau lainnya.

Kamu juga bisa memanfaatkan YouTube dengan fitur terbarunya, YouTube Short untuk membuat konten video berdurasi pendek, hampir mirip Tik Tok. Manfaatnya sangat banyak, termasuk untuk mendukung kegiatan marketing dalam berbisnis supaya lebih berkembang.

Tidak sedikit pula Youtuber berpenghasilan yang baik hati, sehingga mau share video tentang bagaimana menjadi seorang YouTuber kok. Kamu tinggal cari informasi tutorial video supaya menambah referensi dan wawasan. Setelah membaca cara membuat konten YouTube ini, kamu wajib mencoba langsung!

Youtube Mastery

Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan