Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

4+ Cara Mudah Membuat Konten YouTube Menarik Bagi Pemula. Bisa Kamu Coba!

2 min read

cara membuat konten youtube menarik

Cara membuat konten YouTube menarik bisa kamu pelajari dalam panduan ini. Membuat konten YouTube baik untuk bisnis atau hobi tidak boleh sembarangan. Alasan mengapa channel YouTube sepi adalah karena konsep yang kurang pas dengan target audience.

Salah satu kunci utama Mengapa konten YouTube bisa menarik adalah karena adanya konsep matang. Nah, pada panduan ini kamu bisa memperoleh ide konten menarik agar meningkatkan jumlah penonton.

Cara Membuat Konten Youtube Menarik Bagi Pemula

Ada beberapa cara sederhana supaya kamu bisa membuat konten YouTube sekalipun kamu adalah seorang pemula. Semua instruksi yang dapat kamu perhatikan sebagaimana berikut:

1. Menentukan Tujuan

cara membuat konten youtube menarikCara membuat konten YouTube menarik adalah dengan menentukan tujuan. Pelajari apa tujuan kamu dalam membuat konten tersebut. Apakah untuk berkomunikasi ataukah untuk meningkatkan penjualan bisnis yang sedang kamu jalankan saat ini. Jika kamu sudah mengetahui apa tujuan kamu membuat channel YouTube, maka akan lebih mudah membuat konten mulai dari riset hingga promosi.

Contohnya apabila kamu mempunyai tujuan membuat konten video yang bersifat engagement kamu perlu konten interaktif seperti mengundang narasumber ahli atau bertemu langsung dengan tim yang berhubungan dengan bisnis yang kamu jalankan. Tujuannya adalah supaya audiens bisa langsung berinteraksi dengan seorang ahli pada bidang tertentu. Untuk mencapai tujuan tersebut maka kamu wajib memperhatikan target audiens.

2. Riset dan Perencanaan Matang

Berikutnya, jika kamu ingin membuat konten YouTube keren, riset adalah hal utama. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan seperti mempelajari tren konten, melakukan riset keyword, sampai kepo dengan channel milik kompetitor.

Ketika sedang riset kompetitor, maka kamu wajib cari tahu bagaimana menggunakan konten video dan bagaimana strategi marketing yang mereka lakukan. Cari tahu apakah jenis konten video YouTube mereka adalah jenis testimonial atau tutorial. Jika kamu sudah menemukan jawabannya, maka kamu tinggal melakukan amati, kemudian tiru dan modifikasi.

Berikutnya tinggal bikin konsep content Storyboard yaitu dengan menggambar outline video yang akan kamu buat. Storyboard membantu supaya kamu punya gambaran masing-masing adegan dalam video sampai proses video selesai.

3. Cara Editing Video

cara membuat konten youtube menarik

Jika kamu sudah melakukan pengambilan gambar, proses berikutnya adalah editing. Tambahkan berbagai elemen untuk melengkapi video misalnya seperti teks tentang alamat website atau media sosial, backsound musik sesuai juga suara moderator dalam mengantarkan cerita.

Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi edit video untuk proses editing lebih cepat dan mudah baik aplikasi offline hingga online untuk desktop atau aplikasi untuk pemula maupun profesional. Semua tinggal kamu sesuaikan sesuai kebutuhan.

4. Optimasi Konten Video

Jika konten sudah selesai, kamu bisa melanjutkan upload video. Salah satu cara cara penting untuk konten YouTube adalah melakukan optimasi SEO.

Optimasi bisa kamu lakukan dengan menambahkan kata kunci pada beberapa tempat. Misalnya kamu bisa menambahkan keyword pada bagian judul video, deskripsi, atau pun tag konten. Penggunaan SEO pada video YouTube membantu meningkatkan kemudahan dalam pencarian. Misalnya, kalau konten video kamu teroptimasi dengan baik maka ketika penonton mengetik pada bagian kolom pencarian sesuai kata kunci pada video kamu, maka kemungkinan besar video yang sudah kamu upload akan ditemukan oleh penonton. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan YouTube analytics supaya bisa tahu performa video.

5. Kolaborasi Konten Video

cara membuat konten youtube menarik

Cara membuat konten YouTube menarik juga tidak lepas dari kemampuan kamu dalam berkolaborasi dengan youtuber lainnya. Banyak youtuber yang sudah melakukan hal ini sebagai cara untuk menarik perhatian penonton sekaligus meningkatkan jumlah subscriber. Untuk topiknya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu dan partner. Itulah mengapa sangat penting mencari partner yang mempunyai goal yang sama dengan kamu.

Itulah informasi lengkap tentang bagaimana cara membuat konten YouTube menarik supaya bisa meningkatkan penghasilan bagi pemula baik untuk kepentingan bisnis maupun personal.

Youtube Mastery

Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan