. Youtube Short – Keuntungan dan Cara Pakai YouTube Short
Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

YouTube Shorts – Keuntungan dan Cara Pakai YouTube Shorts. Mudah Banget!

2 min read

youtube short

YouTube Shorts akhirnya hadir di Indonesia menawarkan fitur video pendek setelah fitur tersebut sudah rilis di India dan Amerika Serikat. Fitur YouTube Shorts merupakan jawaban dari YouTube untuk menyaingi Tik Tok dan Reels dari Instagram karena ketiganya mempunyai tampilan juga kemampuan yang hampir sama.

Apa Itu YouTube Shorts?

Youtube Short – Keuntungan dan Cara Pakai YouTube Short. Mudah Banget!

Veronica Utami sebagai Direktur marketing YouTube dan NBU Indonesia, filipina juga Asia Tenggara di Google menyebutkan bahwa fitur tersebut tersedia sebagai dukungan bagi para kreator supaya bisa membuat video pendek langsung dari HP. Keuntungan dari adanya YouTube Shorts adalah membuat creator lebih mudah dalam membuat atau mengedit dan upload video dari HP.

Fitur ini membuat pengguna YouTube bisa unggah video pendek durasi mulai 15 sampai 60 detik dilengkapi dengan teks, filter, musik latar, juga caption. Fitur YouTube ini bisa digunakan oleh pengguna Android yang mempunyai aplikasi YouTube versi 16.28.36.

Menu Shorts bisa kamu temukan pada bagian bawah layar ketika membuka aplikasi YouTube. Tepatnya pada bagian tengah antara menu home juga Icon + dalam upload video.

Jika menu Shorts tersebut kamu klik, maka kamu selaku pengguna akan memperoleh banyak konten video pendek yang sudah diunggah oleh pengguna lainnya dari berbagai negara. Hal yang paling mencolok dari YouTube Shorts adalah tampilannya yang mirip seperti Reels ataupun Tik Tok.

Contohnya, Shorts memiliki format video vertikal sehingga penggunanya bisa tinggal gulir layar ke bagian atas atau ke bawah jika ingin melihat lebih banyak video pendek.

YouTube Shorts memberikan para penggunanya kemudahan karena kamu bisa memberikan tanda suka, tidak suka, komentar, juga berbagi video pada platform lainnya titip sedangkan pada bagian bawah Shorts terdapat tombol subscribe atau tombol simpan musik latar dalam video Shorts ke favorit.

Cara Unggah Video Shorts Ke Youtube

Youtube Short – Keuntungan dan Cara Pakai YouTube Short. Mudah Banget!

Sebagai pengguna kamu bisa unggah video search langsung dari HP ke Youtube Shorts sebagaimana berikut:

  1. Buka aplikasi YouTube terlebih dahulu
  2. Klik menu Shorts
  3. Klik ikon kamera pada sudut kanan atas
  4. Sebagai pengguna kamu bisa rekam langsung dari kamera Shorts. Caranya tinggal tekan dan tahan tombol merah. Durasi video search secara otomatis yaitu 15 detik tetapi bisa kamu maksimalkan sampai 1 menit dengan cara cara Ketuk angka durasi hingga 60.
  5. Kamu juga bisa unggah video melalui galeri caranya dengan tekan icon galeri ataupun gambar foto pada bagian kiri bawah.
  6. Atur kecepatan video sesuai kebutuhan dan apabila sudah tinggal klik centang pada bagian sisi kanan bawah layar.
  7. Lakukan edit video Shorts Caranya tinggal tambahkan musik latar, filter, teks.
  8. Jika sudah klik selanjutnya atau next
  9. Sebagai pengguna kamu juga bisa tambahkan deskripsi video menggunakan tagar #Shorts pada deskripsi untuk rekomendasi video. Fungsinya mirip seperti tagar #FYP Tik Tok. Kamu bisa cek unggahan video search pada bagian kanal.

Begitu selesai unggah video YouTube Shorts Maka akan muncul pada bagian kanal pengguna. Kamu juga bisa unggah video Shorts langsung ke menu icon + dan selanjutnya pilih Create a Shorts. Berikutnya tinggal ikuti saja seluruh instruksi diatas.

Itulah informasi lengkap mengapa kamu wajib tahu tentang Youtube Shorts dan segala kelebihannya. Kamu bisa memanfaatkan video YouTube Shorts jika ingin upload konten video berdurasi pendek minimal 15 detik. Pastikan untuk berbagi video positif, juga berbeda supaya bisa menarik perhatian lebih banyak penonton.

Youtube Mastery

Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan