Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tips Budidaya Ikan Cupang Blue Rim, Bikin Cepat Kaya!

3 min read

ikan cupang blue rim

Budidaya ikan Cupang Blue Rim terbilang menguntungkan karena harga jualnya yang mahal. Ikan cupang dengan warna unik ini juga populer sehingga menjadi pilihan budidaya paling menguntungkan. Pada umumnya, ternak ikan cupang tidak berbeda antara satu jenis dengan jenis lainnya.

Blue Rim merupakan ikan cupang asal Thailand, berwarna putih sebagai warna dasar, krem, dan biru pada bagian tepi dan siripnya. Potensi menghasilkan cupang blue rim berkualitas hanya 5-10% saja dari ratusan telur yang ada.

ikan cupang blue rim

Mengapa Harus Budidaya Ikan Cupang Blue Rim?

Budidaya ikan cupang hias adalah salah satu tren yang sedang naik daun di masa pandemi. Cupang blue rim berukuran kecil, menjadi pillihan banyak orang untuk menghilangkan penat selama di rumah. Tidak hanya kalangan biasa, tetapi juga selebritis dan kolektor suka memelihara ikan cupang.

Alasan mengapa ikan ini cocok untuk anda budidayakan adalah karena perawatannya mudah. Digemari banyak kalangan membuat pemasaran lokal terbilang tinggi. Bahkan, anda bisa menembus pasar ekspor untuk meraup keuntungan lebih besar.

Cara Budidaya Cupang Blue Rim

Harga cupang blue rim bisa mencapai Rp 250.000 hingga Rp 15.000.000, sesuai grade. Cupang Blue Rim Ori Thailand berkisar Rp 150.000, harga Blue Rim Bicolor Clean Body (Ori Thailand) mencapai Rp 4.000.000, sedangkan anakan cupang blue Rim mencapai Rp 70.000, menggiurkan bukan?

Berikut adalah teknik budidaya cupang blue rim yang dapat anda ikuti:

1. Tips Memilih Indukan

Indukan sehat adalah hal penting dalam kegiatan budidaya. Agar lebih mudah, anda dapat mengunjungi lokasi budidaya ikan cupang untuk mencari sepasang blue rim yang kemudian dapat anda ternakkan.

Cupang blue rim betina berkualitas memiliki warna cerah dengan warna biru pada bagian sirip, sirip pendek, dan perut buncit. Sedangkan indukan blue rim jantan punya sirip panjang dan lebar. Tidak boleh ada bercak jamur dan gerakan ikan harus lincah.

2. Persiapan Akuarium

Akuarium dapat anda gunakan untuk cupang blue rim, tambahkan tanaman air agar melindungi burayak nanti. Akuarium ukuran luas sangat ideal karena mencegah ikan tidak stres. Letakkan akuarium pada tempat tenang.

3. Cara Memijahkan Cupang Blue Rim

Mulai budidaya ikan dengan meletakkan indukan jantan dalam akuarium, sendirian selama satu hari. Kemudian, masukkan cupang blue rim betina saat paginya. Perkawinan ikan terjadi secara alami, induk betina mengeluarkan telur sehingga induk jantan akan mengambil serta membawa telur-telur pada permukaan air. Setelah perkawinan, pisahkan induk cupang blue rim betina supaya tidak memakan semua telurnya. Tugas pejantan adalah menjaga seluruh telur sampai jadi burayak.

4. Pemberian Pakan

Telur-telur menetas menjadi burayak atau anak-anak ikan, sehingga membutuhkan pakan. Kutu air berukuran kecil dapat anda berikan, dalam jumlah sedikit saja. Hal ini karena perut burayak masih terlalu kecil untuk menampung pakan terlalu banyak.

Jika sudah dua minggu, ambil indukan jantan dan pisahkan dari burayak. Pindahkan burayak pada akuarium yang lebih luas dengan pemberian pakan kutu air. Alternatif lainnya yaitu jentik-jentik nyamuk.

Jika sudah dewasa, anda bisa memberikan pakan bervariasi, seperti pelet, cacing sutra atau cacing beku. Atau, untuk perawatan ekstra, beri pakan jentik jentik atau kutu air dan blood word sebanyak satu hari dua kali secara rutin.

5. Perawatan Ikan Cupang Blue Rim

Selain pakan, anda harus rajin ganti air pada budidaya ikan cupang blue rim yaitu satu minggu dua kali. Perhatikan juga Ph air dan letakkan obat biru sebagai alternatif daun ketapang dalam air.

6. Panen dan Pemasaran Blue Rim

Jika sudah dewasa, anda sudah bisa menikmati hasil budidaya ikan cupang blue rim, jika anakan yang anda hasilkan berwarna biru pada sbagian sirip. Pisahkan jantan dan betina, ambil benih berkualitas sebagai indukan kembali.

Inspiratif! Budidaya Ikan Cupang Blue Rim Hingga Profit Puluhan Juta

Asep Nadzarullah, pria asal Bogor yang juga disapa sebagai Kevin berhasil mengembangkan budidaya cupang blue rim dan avatar. Kevin menjelaskan cupang blue rim adalah hasil persilangan, usahanya mampu memenuhi permintaan pasar lokal hingga internasional.

Kevin berhasil melakukan budidaya hingga produksi 10.000 cupang dari 20 pasang indukan. Bahkan, Kevin juga telah membina hingga 5.000 ekor petani untuk ekspor ke Singapura, Malaysia, hingga Puerto Rico. Usahanya yang ia mulai sejak tahun 2019 sempat banyak diremehkan orang, namun dengan keseriusannya, usaha tersebut pun terbayar manis.

Dari hasil budidaya, Kevin mampu menambah penghasilan hingga Rp 2.000.000-Rp 5.000.000 per harinya, dengan budidaya di pekarangan rumah saja.

Modal 50 Ribuan, Pemuda Depok Budidaya Cupang Blue Rim Profit Puluhan Juta

Berawal dari tahun 2018, Irvan Novendra membudidayakan ikan cupang dengan memanfaatkan garasi kecil rumahnya. Ia memilih menekuni budidaya tersebut setelah memilih berhenti dari pekerjaan perminyakan yang telah menghidupinya.

Sebagai seorang sarjana perikanan, Irvan memulai modal Rp 50.000 untuk budidaya ikan cupang dan hingga kini, Irvan mampu menghasilkan ribuan cupang dari jenis plakat blue rim, cupang nemo, dan ikan multi colour lainnya.

Dari hasil budidaya ikan cupang blue rim dan jenis lainnya, petani ikan asal Depok tersebut telahh meraup hingga Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta pada setiap harinya saat musim pandemi. Sehingga, dalam satu bulan, Irvan mengaku menghasilkan Rp 30 sampai Rp 40 juta.

Kini Irvan mampu mengembangkan budidayanya lebih baik lagi dengan menggunakan lantai dua rumahnya sebagai lokasi budidaya. Ia memiliki farm pribadi untuk ternak cupang di ruangan tersebut. Disinilah, ada banyak kolam akuarium yang ia gunakan untuk pembesaran benih-benih ikan cupang dan perawatan indukannya.

Tidak ia kelola sendiri, farm tersebut juga menjadi tempat pemuda karangtaruna untuk belajar serta mengikuti pelatihan. Menurut Irvan, budidaya ikan cupang blue rim dan jenis lainnya tentu tidak lepas dari kendala. Salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah pada tahap penetasan.

Pelaku budidaya harus memberi perhatian besar untuk perawatan burayak. Hal ini karena burayak usia satu hari hingga satu minggu masih rentan, dengan tingkat kematian sangat tinggi karena serangan hama dan penyakit.

Misalnya, jika dalam kolam budidaya terdapat titik nyamuk, maka burayak yang masih berusia kurang dari satu minggu bisa mati. Irvan juga menambahkan bahwa pelaku budidaya ikan cupang blue rim harus memperhatikan pakan. Sampai saat ini, menurutnya, pakan berkualitas adalah kutu air, namun masih mengandalkan tangkapan alam.

Sehingga, tidak akan mudah bagi petani cupang jika cuaca panas berganti hujan. Cuaca tidak tentu membuat cupang juga mudah sakit.

Tertarik Budidaya Ikan Cupang Blue Rim?

Potensi budidaya ikan cupang blue rim terbilang sangat menjanjikan. Selain para peminatnya dari berbagai daerah, anda bisa mengiirmkan ikan sesuai pesanan atau melayani pembeli yang datang langsung ke lokasi budidaya anda.

Sudah terbukti, ketika COVID-19 begitu banyak usaha yang harus gulung tikar, petani ikan cupang justru meraup untung dan menghasilkan penghasilan walau bekerja di rumah saja. Nah, apakah anda tertarik mengikuti kisah-kisah inspiratif di atas?

Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan