Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Budidaya Ikan Cupang Nemo, Omzet Capai Puluhan Juta

4 min read

ikan cupang nemo

Ikan cupang nemo layak anda pertimbangkan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Bahkan di tengah pandemi ini, begitu banyak peternak ikan cupang yang justru mampu menghasilkan pundi-pundi keuntungan. Tren ternak ikan untuk menghilangkan stres di masa pandemi terus meningkat. Tidak hanya masyarakat biasa, sederet artis mulai menggilai koleksi ikan cupang, termasuk Raffi Ahmad, Gisel, dan Uya Kuya.

Mengapa Harus Budidaya Ikan Cupang Nemo?

Ikan cupang nemo menjadi salah satu tren yang sedang diburu. Permintaan ikan hias air tawar yang tinggi tersebut membuat harganya juga meroket. Selain Indonesia, cupang nemo juga mampu menembus pasar internasional, yaitu ekspor ke Malaysia dan Singapura.

Harga cupang nemo bisa mencapai dari Rp 100.000 hingga Rp 3.000.000. Saat pandemi, penjualan juga tidak terpuruk, tidak terpengaruh. Justru, penjualan meningkat dengan omset yang lebih besar tentunya.

ikan cupang nemo

Cara Ternak Cupang Nemo

Untuk anda yang ingin memperoleh puluhan juta rupiah dari hasil ternak cupang nemo, berikut panduan lengkap yang wajib anda simak.

1. Tips Memilih Induk

Teknik dasar dalam ternak cupang nemo adalah memilih indukan berkualitas. Perhatikan kondisi fisik pada indukan jantan dan betina. Pilih indukan cupang nemo jantan berusia 4 sampai 8 bulan, dengan fisik memanjang, sirip panjang dengan warna terang, gerak lincah dan agresif. Sedangkan indukan betina idealnya berusia 3 hingga 4 bulan dengan fisik bulat, perut sedikit buncit, sirip pendek, dan lincah.

2. Persiapan Perkawinan

Persiapkan wadah atau kolam khusus pembuahan, yaitu akuarium  kecil berukuran 20x20x20 cm atau dengan memanfaatkan toples plastik. Hiasi dengan batuan hias dan tumbuhan. Jika anda sudah menemukan indukan berkualitas, mulai lakukan perkembangbiakan.

Caranya, masukkan cupang nemo jantan hingga ikan tampak membuat gelembung sebagai tempat telur. Jika anda sudah melihat adanya busa, anda dapat memasukkan indukan cupang nemo betina dalam kolam.

Tutup akuarium dengan kain dan biarkan sampai 24 jam. Buka tutup wadah, dan pindahkan indukan betina jika tampak telur dan terjadi pembuahan. Biarkan induk cupang nemo jantan tetap di dalam akuarium untuk merawat telur.

3. Cara Merawat Anakan

Ikan cupang nemo kecil atau burayak harus memperoleh perhatian ekstra. Telur menetas dalam waktu tiga hari, menjadi burayak. Beri pakan kutu air untuk burayak sampai usia 1,5 bulan. Jika sudah berusia dua minggu, pisahkan burayak dari indukan cupang nemo jantan, karena tugas merawat sudah tuntas.

Saat ikan cupang nemo mencapai usia 1,5 bulan, anda dapat melihat jenis kelaminnya. Bahkan, anda sudah bisa menjual cupang nemo pada usia tersebut.

4. Panen dan Pemasaran

Ikan cupang nemo bisa anda jual dengan harga tinggi di pasaran. Ada dua ciri yang harus anda perhatikan. Pertama, cupang nemo mahal jika memiliki tiga paduan warna pada tubuhnya. Hitam, merah, dan oranye adalah warna dasar. Metode persilangan membuat pasaran cupang nemo sangat memburu warna pink, ungu, juga biru.

Cupang nemo dengan tiga tren warna baru tersebut adalah Cupang Nemo Galaxy, Cupang Nemo Tiger, dan Cupang Nemo Candy. Kedua, pastikan nemo cupang mempunyai mata hitam, tubuh proporsional, lincah, dan aktif.

Sukses Dari Jualan Ikan Cupang Nemo, 2 Minggu Untung 40 Juta!

Betta Store Cirebon (BSC) berdiri sejak tahun 2010, sampai saat ini tetap bertahan dengan usaha ternak cupang nemo dan jenis cupang lainnya. Menjadi toko cupang paling komplit, banyak pecinta cupang memilih toko tersebut sebagai pilihan pertama. Pemilik lapak adalah seorang pria 40 tahun, Mas Anton.

Selain memiliki Betta Store Cirebon, beliau juga memiliki Buyut Betta Farm. Ketekunannya belajar budidaya cupang telah ia lakoni sejak tahun 2008, dan akhirnya membuka lapak tahun 2010, dengan hasil panen dari tempat budidayanya serta dari hasil panen peternak senior lainnya.

Pemasaran ikan cupang nemo dan jenis lainnya saat ini terbilang mudah, menurutnya. Bantuan Facebook, Telegram, dan Instagram sangat memudahkan penjualan, hingga untung banyak. Ia mengaku pernah memperoleh hingga Rp 40 juta omset jualan dua minggu, luar biasa bukan?

Indra Gunawan, Jual Ikan Cupang Laku 500 Ekor Sehari

Dari Tasikmalaya, Indra Gunawan, salah satu penjual ikan cupang di Pasar Karlis menuturkan bahwa pada kondisi biasa, penjualan ikan cupang hanya sekitar 50 ekor per hari. Namun, saat pandemi justru terdapat lonjakan hingga menjual 500 ekor cupang setiap harinya.

Selain jual ikan cupang nemo, Indra juga menjual jenis lainnya termasuk Cupang Avatar, Cupang Giant, Vancy, dan lainnya. Harga ikan cupang bervariasi, sesuai jenis dan ukurannya. Ia menjual mulai Rp 5.000 hingga Rp 150.000.

Pilihan harga bervariasi membuat banyak pembeli datang, baik anak-anak sampai orang dewasa. Dari hasil penjualan tersebut, ia peroleh minimal Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 dan Rp 5.000.000 per harinya adalah omset penjualan pada saat weekend. Penghasilan tersebut tentu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan dan sangat potensial untuk terus meningkat!

Bagi Indra, merawat ikan cupang juga terbilang mudah karena tidak perlu lahan luas dan bahkan dapat anda lakoni dengan modal minim. Keistimewaan ikan cupang yaitu anda bisa memeliharanya dalam toples, tidak perlu beli aerator, dan cupang masih bisa bertahan hidup walaupun dalam kondisi minim oksigen.

Bisnis Cupang Nemo dan Avatar, Sebulan Untung Jutaan Rupiah

Kuningan, Jawa Barat, Ibnu, seorang peternak cupang telah membangun bisnis tersebut selama tiga tahun. Usaha budidaya tersebut ia jalankan atas dasar hobi dengan keseriusannya untuk belajar secara otodidak. Ia menggunakan YouTube sebagai tempat belajar banyak hal tentang ikan cupang.

Dari hasil penjualannya, Ibnu mengakui jika setiap bulan mampu menghasilkan hingga Rp 5 juta. Semua kegiatan penjualan ia lakukan secara online dengan menggunakan jasa ekspedisi atau pengantar untuk mengirimkan ikan cupang nemo.

Tidak hanya memenuhi permintaan pelanggan Indonesia, Ibnu juga mampu memenuhi permintaan dari Malaysia dan Singapura. Harga penjualan ikan cupang nemo dan lainnya tentu bervariasi, tergantung postur ikan atau warna. Ibnu bisa menjual dari harga Rp 50.000 hingga Rp 250.000.

Selama budidaya, ibnu mampu menghasilkan berbagai jenis cupang, termasuk Black, Avatar, Nemo, Yelllow Fancy, dan terakhir Halfmoon Blue Black.

Menurut Ibnu, agar ikan cupang budidaya dapat dijual denggan harga tinggi, maka harus memiliki warna cerah dan pekat warnanya.

Demikian informasi lengkap tentang mengapa anda wajib budidaya ikan cupang nemo sebagai salah satu bisnis yang tidak ada matinya, bahkan omzet bisa berkali lipat saat pandemi dan bagaimana cara memulai budidaya cupang nemo bagi pemula.

Bisnis ini wajib anda coba, mengingat tidak sedikit peternak yang berawal dari belajar otodidak dan akhirnya bisa menghasilkan cupang nemo berkualitas dengan harga jual tinggi. Apakah anda sudah memulai bisnis cupang nemo? Atau, tertarik untuk memulai bisnis yang satu ini?

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Cupang Plakat Agar Berhasil Sampai Panen

Incoming search terms:

  • cupang nemo udia 1 bulan
Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan