Cara Budidaya Ikan Louhan di Akuarium Lengkap

7 min read

Ternak Ikan Louhan

Indonesia adalah negara penghasil ikan hias dunia, dengan total 1.100 spesies ikan hias air tawar, 400 spesies dari Indonesia, sekaligus membuktikan mengapa budidaya ikan louhan jadi pilihan banyak orang.

Salah satu bentuk dukungan terhadap ikan hias adalah dengan mengadakan Bogor Louhan Competition September 2020, yang dilaksanakan DUFI (Djoak United Flowerhorn Indonesia).

Selain dari Cibinong, masyarakat lain yang ikut bergabung adalah dari Jakarta, Tangerang, Depok, Karawang, Bekasi, Bandung, Banyumas, Cirebon, Jogjakarta, Lampung, Solo, dan Palembang. Dari kontes tersebut, telah menjaring peserta, hingga terdapat 450 ekor louhan berkompetisi.

Ikan hias

Mengapa Harus Budidaya Ikan Louhan?

Ada banyak penggemar ikan dengan kepala Jenong ini, sehingga prospek bisnis dari cara budidaya ikan louhan banyak diminati.

Ciri khas ikan louhan dengan kepalanya yang jenong membuat ikan air tawar tersebut memiliki harga jual tinggi dan permintaan yang besar.

Ikan louhan juga terkenal sebagai ikan flowerhorn, jenis ikan hias dengan ciri khas bentuk kepala unik. Louhan juga endemic di Negeri Jiran, Malaysia serta Negeri Taiwan. Ikan louhan juga disebut sebagai ikan keberuntungan.

Berikut adalah alasan lain mengapa anda harus budidaya ikan louhan:

  • Salah satu bisnis yang tidak ada matinya
  • Bisa dengan modal kecil, mulai dari pekarangan rumah atau lahan kecil
  • Konsumen besar
  • Harga jual tinggi, tergantung harga di pasaran
  • Pemasaran mudah

Ternak Ikan Louhan

Jenis Jenis Ikan Louhan

Ada banyak jenis ikan louhan dibudidayakan di Indonesia. Agar anda membudidayakan ikan louhan yang paling laris dan sering dicari di pasaran, berikut adalah beberapa jenis ikan louhan yang dapat Anda pilih:

Ikan louhan cencu

Variasi ini paling banyak dicari di pasaran, karena merupakan pilihan yang paling banyak dicari dan sangat populer. Alasannya adalah karena ikan louhan tersebut punya warna dan juga motif sisi eksotis, sehingga tampak menawan dan sering dipelihara oleh para konglomerat.

Corak warna yang cerah seperti merah disertai bintik sisik berwarna hitam pada bagian kepala sampai ke ekor adalah ciri khas ikan louhan cencu. Selain itu, juga memiliki tubuh bongsor dan porsi makan lebih banyak daripada yang lain.

Ikan louhan golden red

Golden red merupakan ikan louhan yang masuk dalam kategori paling mahal dan eksotis di kelasnya. Harga jual ikan louhan tersebut mencapai puluhan juta Rupiah per ekor karena segi corak dan warna yang cerah dengan adanya motif sisik sebagai paduan eksotik.

Ikan louhan kamfa

Selanjutnya, ikan louhan kamfa adalah jenis louhan eksotis dan tampak kalem pada bagian sisik motif dan corak warnanya. Selain itu, jenis tersebut juga populer sebagai sebutan Golden Flower karena ukurannya yang paling besar jika anda bandingkan dengan jenis lainnya, anda juga bisa melihat dari benjolan kepala yang membuatnya tampak berbeda.

Banyak pelaku budidaya ikan louhan memilih jenis Kamfa, karena memang permintaan selalu tinggi, sesuai dengan kepercayaan banyak orang bahwa semakin besar benjolan pada kepala maka akan semakin besar keberuntungan yang dibawa.

Ikan louhan bonsai

Bonsai merupakan salah satu jenis ikan louhan dengan variasi terbilang populer dan Banyak dipelihara oleh para pembudidaya louhan Indonesia.

Selain ukurannya yang tidak terlalu besar, louhan bonsai punya perpaduan corak dan motif bintik yang membuatnya tampak eksotik. Jadi, para kolektor ikan hias pasti akan mencari jenis yang satu ini.

Ikan louhan Storm

Berbeda dengan jenis-jenis sebelumnya, louhan Storm justru jarang dibudidayakan di nusantara, melainkan lebih populer di kalangan Pembudidaya asal Thailand. Ciri khas louhan Storm adalah warna corak sedikit, bintik putih pada beberapa bagian tubuh terutama di bagian kepala, serta warna tubuh kuning keemasan, biru dan merah.

Pada akhirnya, hampir semua jenis ikan louhan menjadi pilihan para pembudidaya karena harga ikan louhan cukup tinggi sehingga tidak akan rugi jika memilih salah satu jenis louhan.

Namun, jika berbicara tentang mana jenis yang paling potensial maka golden red dan louhan kamfa selalu menjadi andalan.

Syarat Budidaya Ikan Louhan

Tidak hanya tentang bagaimana cara mengawinkan ikan louhan, memberi pakan, dan perawatan ikan tapi Anda juga harus tahu tentang Beberapa syarat budidaya supaya dapat berhasil, yaitu:

  • Ukuran kolam harus 3 kali lipat lebih besar daripada ukuran ikan supaya louhan dapat bebas bergerak dan dapat mengurangi stres.
  • PH air harus kalah 7 atau 8, kualitas air tidak asam atau asin dan suhu yaitu 28-30 derajat C.
  • Pasang filter air supaya dapat mengurangi kandungan nitrat dan amonia yang merupakan racun dari sisa pakan dan terlarut pada air.
  • Kolam ikan louhan wajib anda kuras sebanyak satu atau dua kali seminggu supaya kualitas air tetap bersih dan tidak ada kandungan racun berbahaya yang menyebabkan ikan terserang penyakit dan mati.

Cara Budidaya Ikan Louhan Dewasa

Cara budidaya ikan louhan terbilang gampang-gampang susah,  apalagi jika anda mulai dari perawatan ikan louhan dewasa.  Dengan mempelajari bagaimana perawatan ikan louhan dewasa, maka anda dapat belajar bagaimana mengembangbiakkan ikan tersebut.

Berikut adalah tahap-tahap perawatan ikan louhan dewasa:

Persiapan Kolam

Siapkan aquarium ukuran 25×35 cm atau ukuran tanggung. Ikan louhan dewasa memiliki panjang 7- 8 cm.

Agar ikan louhan tidak stress, pada akuarium ukuran besar. Anda juga harus melatih mental ikan louhan supaya tangkas dan responsif. Caranya terbilang mudah yaitu meletakkan kaca pada bagian depan ikan, sehingga jika louhan mendekati kaca maka ia memiliki mental bagus.

Selain melatih ketangkasan dan responsif, cara tersebut juga membantu supaya ikan louhan tidak mudah stres atau kemudian mati.

Pemberian Pakan

Pada ikan louhan dewasa, dan masih pada level perkembangan maka membutuhkan pakan berupa pelet sesuai jenis ikan louhan.

Sama seperti ikan cupang, pemberian makan akan mempengaruhi corak warna. Itulah mengapa, berikan spiriluna supaya kulit sisik tampak cantik.

Ikan louhan adalah ikan karnivora dan terbilang rakus, sehingga pembudidaya ikan louhan dapat memberi pakan tambahan seperti udang yang sudah anda potong, pada bagian kepala dan berikan pakan tambahan sebanyak 1 atau 2 kali sehari.

Jika ikan louhan semakin besar tubuhnya, kembali persiapkan kolam akuarium ukuran lebih besar.

Cara Menjodohkan Ikan Louhan

Untuk memulai budidaya maka kamu harus tahu seperti apa cara menjodohkan ikan louhan. Mengawinkan ikan louhan harus mengetahui bagaimana cara perkawinan antara ikan louhan betina dan jantan yaitu sebagaimana berikut:

  1. Siapkan terlebih dahulu ikan jantan dan betina dewasa. Keduanya harus dalam kondisi sehat dan letakkan dalam satu kolam. Pisahkan dengan cara ikan louhan jantan berada pada sisi kiri dan ikan louhan betina pada sisi kanan, atau sebaliknya.
  2. Setelah memberi sekat pada kolam, biarkan selama beberapa hari. Tujuan penyekatan adalah supaya ikan louhan jantan dan ikan betina tersebut dapat mengenal satu sama lain dan tidak akan bertengkar ketika sudah bertemu nanti dalam proses perkawinan.
  3. Amati ikan louhan betina yang sudah siap untuk dibuahi yaitu dengan ciri adanya Pan menonjol pada bagian ikan louhan betina.
  4. Ambil sekat kaca yang sudah anda gunakan untuk memisahkan kedua indukan louhan dewasa tersebut, jika keduanya tampak saling menggesekan ekor maka sudah siap untuk proses perkawinan ikan louhan.
  5. Terakhir, tutup kolam akuarium menggunakan kertas hitam supaya lahan tidak merasa terganggu dengan suasana di sekitar. Cara ini akan membantu agar mencegah kegagalan ketika fase perkawinan.

Cara Merawat Anak Ikan Louhan

Siapkan terlebih dahulu kolam anakan atau bibit, dengan ukuran kolom khusus 15 x 20 cm. Berikan sekat satu persatu supaya tidak ada ikan louhan yang saling menyerang. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan air bersih pada akuarium. Kualitas air yang kurang bagus dapat menyebabkan bibit ikan louhan mati.

Ketika memberi pakan, berikan sesuai dengan porsi anakan ikan louhan. Anda dapat memberikan cacing beku, cacing sutra sebagai pakan dalam 3 kali sehari. Kedua jenis pakan tersebut harus bersih supaya tidak mempengaruhi kesehatan ikan louhan.

Makanan yang kotor dan kurang sehat, sangat mempengaruhi kotoran ikan louhan anakan sehingga tampak menjadi putih kondisi ini justru merugikan anda karena dapat menyebabkan kematian.

Jika ikan louhan sudah pada tahap remaja, pindahkan pada kolom yang lebih besar dan ganti jenis pakan menggunakan pelet khusus yang memiliki kandungan spirulina.

Cara Memilih Pakan Ikan Louhan

Memilih pakan akan sangat mempengaruhi kesehatan serta tampilan warna sisik ikan louhan.

Salah memilih pakan dapat menyebabkan corak warna ikan louhan tampak gelap, ikan terserang penyakit, dan menyebabkan kematian.

Untuk perawatan ikan louhan dari usia jenis sampai dewasa, berikut adalah tips pemberian pakan:

Ikan louhan anakan – Berikan cacing sutra karena kandungan protein tinggi yang meningkatkan pertumbuhan ikan louhan. Selain itu, anda dapat menggunakan cacing rambut.

Ikan louhan dewasa – berikan pelet dengan kandungan spirulina dan protein yang akan mempercepat pertumbuhan sampai 40%. Berikan pakan tambahan seperti udang atau jangkrik. Udang berguna supaya tampilan fisik pada ikan louhan lebih cantik sedangkan jangkrik membantu meningkatkan perkembangan sirip.

Cara Pemanenan Ikan Louhan

Proses pemanenan ikan louhan dapat anda lakukan saat pagi atau sore hari, karena waktu tersebut memiliki suhu batas normal dan tidak ada perubahan signifikan.

Gunakan saringan diameter lebar dan sediakan wadah berisi air ketika memanen benih ikan louhan.

Tangkap secara diserok dan pilih sesuai kriteria yang layak jual.

Daftar Penyakit Ikan Louhan Paling Mematikan

Penyakit ikan louhan adalah ancaman tersendiri bagi para pelaku budidaya. Namun, mengetahui berbagai penyakit umum dapat membantu melakukan pencegahan dan penanganan.

Berikut adalah berbagai penyakit pada ikan louhan:

White spot

Populer juga dengan sebutan penyakit bintik putih, munculnya bintik putih pada sisik ikan karena jamur yang menempel pada badan louhan. Penyebab penyakit bintik putih adalah karena kualitas air yang kurang bagus.

Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti air rutin secara teratur supaya kualitas tetap terjaga dan tidak ada jamur yang menyerang ikan louhan.

Mulut bisulan

Ikan louhan yang mengalami masalah mulut di bulan dapat berujung pada kematian. Gejalanya yaitu muncul bengkak warna merah pada bagian mulut ikan yang terus membesar udang laut atau crustacea, jamur, bakteri, atau ikan louhan mengalami luka karena perkelahian.

Penanganan mulut bisulan adalah dengan isolasi ikan pada akuarium khusus lalu beli antibiotik khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Jangan lupa untuk memberikan makanan bergizi supaya dapat mempercepat proses pemulihan.

Kembung dan mulut busuk

Budidaya ikan louhan dapat bermasalah jika terjadi masalah kesehatan karena kembung sekaligus muncul busuk mulut yang membuat ikan dapat mati.

Penyebabnya adalah karena makanan kurang higienis sehingga perut membengkak tampak merah sedangkan pada mulut ikan louhan membengkak dan busuk.

Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan melakukan karantina pada ikan louhan dan memberikan antibiotik khusus serta memberlakukan puasa sampai 7 hari.

Luka sampai cacat

Luka atau cacat pada ikan louhan terjadi karena perkelahian sehingga anda harus mengisolasi ikan tersebut pada akuarium khusus dan memberi makanan bergizi supaya cepat sembuh.

Stres

Masalah kesehatan ini cukup serius karena dapat mempengaruhi ikan louhan dalam hal warna pudar, muncul belang hitam, serta perilaku pasif.

Penyebabnya tak lain yaitu karena posisi akuarium salah tempat, takut pada musuh, atau karena terkena sorot lampu. Cara mengendalikan yaitu memberikan perlakuan baik supaya ikan tidak stres.

Sukses Ternak Ikan Louhan, Berapa Omzetnya?

Jika anda penasaran dengan prospek budidaya ikan louhan serta berapa omset, anda dapat melihat bagaimana orang-orang menghasilkan penghasilan cukup fantastis dari peluang bisnis louhan.

Tunggul priatama, sukses ternak louhan hasil belasan juta

Asal Purwokerto, tunggul memiliki hobi memelihara ikan hias sejak kecil terutama lohan. Hanya dalam waktu 2 tahun, menghasilkan hingga 12 juta dengan cara menangkarkan sejumlah indukan dan menjual bibit ikan louhan.

Menurutnya, ikan louhan berkualitas memiliki bentuk lebar, tidak memanjang, dan cenderung kotak.

Febriansyah musisi sukses ternak louhan

Selama 2 tahun sekali budidaya ikan louhan dan menjadi salah satu pembudidaya di Palembang.

Dengan total 100 akuarium, ali memenuhi permintaan yang terus meningkat selama pandemi jika sedang untung, ia mampu meraup hingga 6 juta perbulan dengan cara jual pakan atau peralatan atau benih ikan.

Tomy subadi, hasil puluhan juta dari ikan louhan

Sebagai pemborong dan pembudidaya ikan louhan Tomy mampu menghasilkan puluhan juta perbulan.

Berawal dari beberapa ekor ikan louhan yang ia miliki,  Tomy serius menekuni hobi tersebut dan sudah memiliki ratusan ikan louhan dalam akuarium dengan berbagai jenis, termasuk Kimhuwa, Gold Base, Cencu, dan lainnya. Hasil panen ikan louhan juga ia kirim ke pulau Jawa dan luar pulau.

Nizam Nababan, budidaya ikan louhan di tengah pandemi

Menurut Nizam, ikan louhan pernah menjadi Primadona pada tahun 2004-2007. Namun, ia kaget ketika banyak peminat kembali berdatangan untuk mencari ikan louhan. Harga ikan louhan sangat bervariatif yaitu dari ratusan ribu rupiah sampai empat juta rupiah sesuai jenis dan ukuran.

Nah, berkaca dari kesuksesan banyak orang, maka anda bisa memulai budidaya ikan louhan dengan memanfaatkan akuarium dan modal secara bertahap.

Source:

kkp.go.id

Incoming search terms:

  • cara ternak ikan lohan

Tinggalkan Balasan