Cara Edit Video YouTube di Laptop dari Awal Sampai Akhir

Cara edit video YouTube di laptop merupakan salah satu kebutuhan bagi para content creator atau Youtuber. Banyak orang memilih jadi content Creator agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Konten kamu buat agar bisa memperoleh banyak viewers mulai dari cover lagu, tips kecantikan, hingga tutorial musik.

Melalui bantuan aplikasi gratis maupun berbayar, kamu bisa belajar cara edit video secara baik. Agar kamu bisa mengedit video secara mudah, maka kamu bisa mengikuti panduan lengkap dari awal sampai akhir berikut.

cara edit video youtube di laptop

1. Susun Hasil Rekaman

pada tahap ini kamu harus menyusun terlebih dahulu seluruh hasil rekaman video yang akan kamu edit. Masukkan beberapa klip video dalam satu folder supaya kamu bisa lebih mudah memilih juga memasukkan seluruh video dalam aplikasi video editor.

Menggabungkan semua klip dalam satu folder membantu supaya tidak ada masalah ketika proses editing. Sediakan beberapa folder yaitu folder pembuka, folder content, dan folder closing.

2. Buka Aplikasi Edit Video

cara edit video YouTube di laptop berikutnya dengan buka aplikasi video editor yang ingin kamu gunakan titip buat lembar kerja baru dan atur kualitas gambar dengan ukuran ideal 720 x 480. Alternatif lainnya adalah ukuran 1080 X 720 agar memperoleh kualitas video high definition.

3. Masukkan Video

cara edit video youtube di laptop

Jika sudah mengatur resolusi, mulai edit video dengan cara masukkan file dalam lembar kerja program. Caranya klik bagian menu file dan pilih import. Pilih file video yang akan kamu edit dengan cara Drag and Drop atau seret file lalu letakkan pada lembar kerja.

4. Susun Gambar

pada tahap ini kamu siap edit video dengan cara susun klip video. Mulai dengan menggeser lalu melepaskan pada bagian linimasa lembar kerja. Pilih kemudian susun klip video sampai mempunyai alur terhubung. Cara ini dapat kamu lakukan secara mudah karena hanya menggeser klip lalu meletakkannya pada. Baru sesuai yang kamu inginkan. Lakukan langkah ini sedikit demi sedikit karena video harus tersusun secara rapi.

5. Potong Gambar

cara edit video youtube di laptop

cara edit video berikutnya tinggal memotong gambar. Pada proses cutting semua adegan harus dalam keadaan tersusun sesuai urutan sehingga kamu tinggal memotong gambar atau menghilangkan beberapa bagian yang tidak perlu. Misalnya apabila terdapat kesalahan atau seperti rekaman tampak tidak stabil, kamu bisa membuang bagian klip tersebut. Ada fitur card atau Razor berfungsi sebagai pemotong gambar sehingga bisa menghilangkan yang tidak perlu. Tambahkan sisi artistik supaya video tampak rapi juga enak dilihat.

6. Cara Edit Video YouTube di Laptop dengan Efek Transisi

Jika kamu sudah menyelesaikan pemotongan gambar langkah Berikutnya tambahkan efek transisi. Fungsinya supaya gerakan gambar maupun video tampak halus dari satu ke gambar berikutnya. Kamu bisa memasukkan informasi maupun teks dalam video supaya transisi terkesan halus.

Biasanya youtuber menggunakan fade in fade out sebagai efek transisi populer karena membuat gambar tampak muncul secara perlahan lalu menghilang dari layar. Atau kamu juga bisa menggunakan transisi lebih rumit dengan cara pakai program Pascal proses produksi yaitu Adobe After Effect.

7. Sesuaikan Warna dan Suara

cara edit video YouTube di laptop berikutnya tinggal sesuaikan warna, disebut sebagai proses coloring. Proses ini juga membutuhkan pengaturan suara. Walaupun tidak semua konten video perlu tahap ini tetapi sangat membantu agar konten video tampak lebih professional. Untuk melakukannya, kamu tinggal Menggunakan fungsi volume equalizer dan auto color-correct.

8. Tonton Hasil Editing

sebagai Langkah terakhir, menonton hasil editing sangat penting untuk mencari bagian mana yang perlu diperbaiki. Kamu bisa mengundang teman untuk melihat bagian-bagian yang dirasa kurang sempurna. Langkah ini sebaiknya jangan kamu abaikan karena membantu membuat konten lebih profesional.

Youtube Mastery

0

Tinggalkan komentar