Ini Dia: Cara Edit Video Youtube Bagi Pemula Agar Tampak Profesional. Wajib Kamu Coba!

Kamu mungkin punya pertanyaan besar tentang bagaimana cara edit video YouTube agar tampak profesional. Bagi pemula, edit video untuk konten YouTube bukanlah hal mudah. Tetapi kamu bisa mencari berbagai tips untuk memandu supaya kamu bisa melakukan hal tersebut.

YouTube saat ini ini berada pada urutan nomor 2 sebagai mesin pencari setelah Google. Platform media sosial ini juga mendukung kreativitas konten kreator karena dari sinilah kamu bisa memperoleh penghasilan tambahan.

Cara Edit Video Youtube Bagi Pemula

cara edit video youtube

Keunggulan jadi konten kreator YouTube adalah kamu tinggal rajin membuat konten video berkualitas dengan kemasan menarik. Untuk itu, sangat penting belajar bagaimana edit video YouTube. Sehingga sebagai pemula kamu mampu menghasilkan kualitas video ala profesional.

1. Software

Ada begitu banyak software yang bisa kamu gunakan untuk kelola video, tetapi tidak semua software sesuai dengan konten YouTube kamu. Dalam hal ini, kamu harus jeli mencari software yang bisa kamu operasikan secara maksimal.

Jika kamu sudah mempelajari bagaimana cara edit video YouTube lewat HP, maka kamu tinggal memilih aplikasi yang kompatibel untuk HP tersebut.

2. Video

cara edit video youtube

Salah satu alasan mengapa youtuber bisa membuat kualitas video ala Profesional adalah karena kontennya sendiri. Dalam hal ini, kamu harus punya strategi ketika membuat video YouTube.

Misalnya, kamu bisa melakukan perekaman berulang-ulang kemudian memilih pilihan terbaik agar bisa kamu edit. Cara edit video YouTube untuk pemula harus tahu tentang prinsip editing yaitu garbage in, garbage out. Artinya, apabila sumber video tersebut berkualitas baik, maka hasil editing juga pasti akan berkualitas.

Selain itu, kamu juga wajib melakukan perekaman konten video menggunakan kan peralatan mendukung sehingga mampu menghasilkan video resolusi minimal HD 30 FPS. Ingat semakin besar resolusi video maka semakin tinggi kualitas yang di dapatkan.

3. Cara Edit Video Youtube – Keep It Simple

Nah, ketika menggunakan YouTube, kamu akan ditawarkan dengan berbagai efek video yang bisa dipilih. Namun, sebaiknya Buatlah konten video yang tidak berlebihan dalam penggunaan efeknya. Pilih secara bijaksana supaya semua tetap enak dilihat dan hanya gunakan efek tersebut pada beberapa adegan saja yang memang tampak pas untuk efek tersebut.

Banyak pemula yang justru ingin menyenangkan penonton dengan menggunakan efek terlalu banyak sehingga membuat konten video kacau, penonton justru tidak bisa fokus terhadap konten dan membuat video jadi terkesan tidak natural. Jika kamu menggunakan aplikasi Kinemaster, kamu bisa mempelajari secara lengkap cara edit video YouTube kinemaster.

4. Fitur Normalize

cara edit video youtube

Banyak youtuber pemula sering mengabaikan normalisasi pada volume audio. Akibatnya, ketika sudah menggabungkan beberapa bagian video, menjadi sensitif dengan adanya perbedaan besar kecil volume suara. Itulah mengapa, optimalisasi fitur membantu supaya volume suara audio tetap rata dan enak didengar.

5. Perhatikan Gaya Pengeditan

cara edit video youtube

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan sebagai cara edit video YouTube di laptop atau HP untuk pemula adalah memperhatikan gaya pengeditan. Pastikan penonton bisa tahu bahwa itu adalah video dari channel YouTube kamu karena sudah kenal dengan gaya editing kamu. Menurut laman hubspot.com ini adalah strategi terbaik supaya channel YouTube yang kamu buat mempunyai ciri khas sehingga audiens juga tetap terlibat.

Gaya edit yang ikonik tersebut hanya bisa kamu capai dengan cara editing konsisten. Misalnya menempatkan musik, elemen tambahan termasuk transisi yang selalu muncul dalam  semua konten video YouTube kamu.

Manfaat lainnya melakukan strategi editing secara konsisten adalah kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu memikirkan berbagai elemen video atau teknik editing yang baru.

6. Tambahkan Unsur Storytelling

Berikutnya, edit video tampak sempurna di YouTube apabila kamu menambahkan unsur storytelling. Para audiens pasti tertarik mengikuti channel YouTube kamu apabila seluruh konten video dibuat dengan unsur cerita atau passion.

Screencast menyebutkan bahwa buatlah video penuh cerita yang berhubungan dengan pengalaman pribadi karena pengalaman pribadi merupakan hal personal ataupun unik. Hal ini bisa membantu memenuhi kebutuhan audience karena unsur storytelling sangat efektif agar bisa memperoleh viewers baru.

Dalam unsur cerita, membuat konten video yang kamu buat mempunyai sisi emosional yang bisa memancing audiens. Jika kamu menggunakan Android untuk membuat konten YouTube, pelajari cara edit video YouTube di Android berikut.

7. Gunakan Elemen Menarik Dalam Video

Menambahkan Beberapa elemen dalam konten akan membantu membuat editing video YouTube lebih menarik. Walaupun begitu, aspek tersebut juga sangat penting karena bisa meningkatkan subscriber dalam channel YouTube kamu. Kamu bisa menggunakan beberapa elemen penting seperti gambar, animasi, transisi, musik, atau lainnya yang menyenangkan.

Supaya elemen berfungsi secara optimal. Pastikan semua elemen tersebut masuk akal dalam melengkapi konten video YouTube kamu. Ingat, tujuan penambahan elemen adalah untuk membuat konten menarik bukan justru membuat fokus audiens teralihkan.

8. Bila Perlu, Potong Video

cara edit video youtube

Seluruh konten kreator termasuk youtuber pasti ingin menghasilkan video sempurna termasuk dengan mempelajari bagaimana cara edit video YouTube yang sudah diupload. Akan tetapi, kesalahan kecil yang diabaikan bisa membuat kualitas video kurang memuaskan. Misalnya, background ataupun noise bocor biasanya muncul pada footage video.

Itulah mengapa, editing video konten YouTube sangat efektif apabila memotong pada bagian yang kurang memuaskan. Tidak perlu fokus terhadap berbagai kesalahan yang kamu temukan pada video karena ada berbagai cara praktis untuk memotong video tersebut.

9. Buat Cuplikan Video Simple

Cara edit video YouTube di HP iPhone juga dapat kamu pelajari untuk menghasilkan video menarik. Membuat konten video YouTube yang efektif yaitu membuat cuplikan akhir yang simpel saja.

Memang semua youtuber kebanyakan ingin membuat klip menarik dengan begitu banyak elemen editing modern. Tetapi cara seperti ini justru belum tentu efektif, apalagi jika terlalu banyak menempatkan efek yang sebenarnya tidak perlu.

Bahkan, banyak youtuber pemula yang justru menambahkan musik terlalu keras sehingga membuat fokus penonton teralihkan dari konten ke musik tersebut. Hal-hal seperti ini justru membuat kamu terlalu sibuk pada strategi pengeditan.

Padahal sebenarnya cuplikan video YouTube sebaiknya kamu buat secara simpel saja yaitu dengan membuat konten video asli juga elemen tambahan tetap seimbang.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja tips yang harus kamu lakukan sebagai pemula ketika mempelajari cara edit video YouTube agar hasilnya ala profesional. Dengan informasi ini Kamu sudah siap membuat channel YouTube dengan banyak konten menarik, simple, juga mempunyai elemen tambahan yang sesuai.

Selain dari informasi ini kamu juga bisa menyimak artikel lainnya terkait belajar YouTube bagi pemula di situ sini. Jika cara edit video YouTube pada artikel ini menurut kamu sangat berguna, kamu juga bisa membagikan informasi tersebut ke sosial media yang kamu punya, semoga bermanfaat!

Youtube Mastery

0

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: