Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Channel, Wajib Dicoba!

2 min read

cara mendapatkan uang dari youtube channel

Kepopuleran YouTube dengan jumlah pengguna beserta viewernya yang cukup banyak membuat para pemasang iklan tertarik untuk memasang iklannya di berbagai channel YouTube yang ada. Sehingga bisa mendatangkan pemasukan bagi tiap pemilik channel YouTube, terutama yang memiliki banyak subscriber dan viewer di tiap konten video di channelnya. Sehingga usahakan untuk mengupload konten-konten YouTube yang menarik dan original agar mendapat banyak subscriber dan viewer. Terdapat banyak cara mendapatkan uang dari YouTube. Berikut ini beberapa caranya:

1. Monetisasi Akun YouTube

cara mendapatkan uang dari youtube channel

Agar channel YouTube bisa menghasilkan uang maka akun channel YouTube tersebut harus Anda monetisasi terlebih dahulu. Berikut ini ialah caranya.

  • Log in lalu masuk ke account information
  • Kemudian klik menu Creator Studio yang terdapat di bagian sebelah kiri. Selanjutnya Klik menu Channel dan Status and features
  • Lalu pilih menu Enable Monetization dan setujui statement agreement yang muncul.

Sayangnya suatu akun channel YouTube tidak bisa langsung tiba-tiba termonetisasi, namun ada beberapa persyaratannya  yang harus Anda penuhi terlebih dahulu.

Di awal tahun 2018-an, pihak YouTube melakukan pembaharuan syarat untuk monetisasi channel YouTube. Jika sebelumnya syaratnya hanya telah melakukan 10.000 tayangan, maka mulai tanggal 9 Januari 2018 aturannya telah secara resmi berubah menjadi sebagai berikut:

  • Akun channel YouTube tersebut harus memiliki minimal 1000 subscriber atau pelanggan
  • Lalu setidaknya telah terkumpul minimal 4.000 jam waktu tayang dalam waktu selama 12 bulan terakhir.

Jika syarat tersebut telah terpenuhi dan juga pemilik akun channel YouTube tersebut telah mengajukan monetisasi, maka  pihak YouTube selanjutnya akan melakukan verifikasi lalu juga mengecek orisinalitas tiap konten video yang diupload di channel YouTube tersebut.

Berikutnya tinggal menunggu persetujuan monetisasi dari pihak YouTube yang biasanya akan menginformasikan melalui email.

2. AdSense

Selanjutnya dari channel YouTube yang telah berhasil termonetisasi, maka akan memberi pemasukan. Yakni akibat adanya tayangan iklan di tiap konten video yang Anda unggah. Youtube akan membayar sejumlah uang jika viewer menyaksikan tayangan iklan tersebut dan tidak melakukan skip iklan yang muncul. Apabila viewera men-skip iklan tersebut, maka YouTube juga tetap akan membayar meski tak akan sebesar jika viewer menyaksikan utuh iklan yang tayang di konten video tersebut. Lakukan langkah berikut ini terlebih dahulu guna mendapatkannya:

  1. Lakukan associate dan approved AdSense account ke YouTube account.
  2. Lalu guna memantau atau Track penghasilan bisa dilakukan lewat fitur yang ada di YouTube Analytic.
  3. Akun channel YouTube tersebut akan menghasilkan uang apabila telah  melengkapi serta mengikuti YouTube payment threshold.

3. Endorse

cara mendapatkan uang dari youtube channel

Selain itu uang juga bisa Anda dapat dengan cara endorse. Dalam hal ini maka konten tayangan video di YouTube yang Anda buat akan berisi review mengenai suatu produk dengan tujuan soft promotion dan dicantumkan juga link nya pada bagian description.

4. Jual Konten Video

Lalu konten video YouTube yang menarik juga bisa Anda jual untuk mendapatkan uang dari YouTube Channel. Caranya ialah dengan membuat teaser cuplikan isi konten video yang Anda iklankan. Lalu bagi yang tertarik ingin menontonnya bisa membayar.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube channel yang bisa Anda coba.

Youtube Mastery

Evicha SEO Content Editor Suksespedia yang sangat menikmati berbagi informasi tentang Digital Marketing dan hal terkait teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan